HOME, Bugar

Inilah 5 Makanan Sahur yang Membuat Kenyang Selama Berpuasa

Inilah 5 Makanan Sahur yang Membuat Kenyang Selama Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Selama bulan puasa, makan sahur dalam porsi yang banyak memang dapat membuat perut terasa kenyang.

Namun, jika asupan saat sahur tidak diperhatikan dengan baik kandungan nutrisinya, bukan tidak mungkin Anda akan kembali lapar di siang hari.

Bisa jadi Anda juga tidak memiliki energi untuk melanjutkan aktivitas di hari itu. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sahur yang dapat membuat perutmu lebih kenyang selama puasa. 

Baca Juga: 5 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

Dilansir dari Web MD, berikut ini beberapa makanan sahur yang membuat kenyang selama berpuasa, antara lain: 

1. Kacang-kacangan

Makanan sahur yang membuat kenyang selama berpuasa pertama adalah kacang-kacangan.

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan, sehingga baik untuk dikonsumsi ketika sahur.

Di samping itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada makanan ini akan membuat sistem pencernaan Anda tetap terjaga. 

2. Buah pisang 

Makanan sahur yang membuat kenyang selama berpuasa kedua adalah buah pisang. Pisang juga menjadi salah satu makanan yang dapat membuatmu kenyang lebih lama selama berpuasa.

Pisang kaya kandungan mineral seperti magnesium dan potasium. Magnesium bermanfaat layaknya protein yang dapat memberikan energi secara berkesinambungan pada tubuh.

3. Sup

Makanan sahur yang membuat kenyang selama berpuasa ketiga adalah sup. Sup memang menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak sayuran di dalamnya.

Tidak hanya sayuran, dalam sup terkadang juga ada daging yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mencegah Kolesterol Tinggi Saat Bulan Puasa

4. Nasi merah

Makanan sahur yang membuat kenyang selama berpuasa keempat adalah nasi merah. Rekomendasi pilihan menu makanan sahur adalah nasi merah sebagai pengganti dari nasi putih.

Nasi merah memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih. Ternyata nasi merah juga memiliki indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi, atau pasta. 

5. Telur

Makanan sahur yang membuat kenyang selama berpuasa kelima adalah telur. Mengonsumsi telur pada saat sahur juga bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Hal ini berkat kandungan protein dan lemak pada telur yang dapat membuat Anda tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun, pastikan untuk terlebih dahulu memasak telur hingga matang sebelum mengonsumsinya. Tujuannya tentu saja agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik. 

Itulah beberapa makanan sahur yang membuat kenyang selama berpuasa. Beberapa makanan tersebut tentunya dapat dijadikan sebagai bagian dari menu sahur sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News