HOME, Bugar

Inilah 5 Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari

Inilah 5 Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari

MOMSMONEY.ID - Kanker merupakan penyakit yang menyebabkan kematian utama di seluruh dunia. Salah satu pemicu kanker adalah mengonsumsi makanan yang tidak tepat. 

Mengutip dari laman WHO, sekitar 9,6 juta jiwa meninggal karena kanker pada tahun 2018. Menurut Cancer Research UK, pola makan sehat dan gizi seimbang dapat mengurangi risiko kanker.  

Dilansir dari Cancer Care, berikut beberapa makanan pemicu kanker yang seharusnya Anda hindari, antara lain:   

Baca Juga: 5 Tips untuk Mencegah Kolesterol Naik Setelah Lebaran

1. Pemanis buatan

Makanan pemicu kanker yang seharusnya Anda hindari adalah pemanis buatan. Rasa manis pada makanan tertentu memang terkadang begitu nikmat dan menyegarkan.   

Akan tetapi, kamu harus waspada apabila pemanis yang dipakai adalah pemanis buatan, seperti sakarin, siklamat, dan aspartam.  

Pasalnya, beberapa jenis pemanis buatan bisa meningkatkan risiko munculnya kanker kandung kemih apabila dikonsumsi secara berlebihan.   

2. Minuman bersoda

Makanan pemicu kanker yang seharusnya Anda hindari yang kedua adalah minuman bersoda. Soda dipenuhi dengan gula, bahan kimia, dan pewarna buatan.  

Umumnya soda yang punya warna cokelat dibuat dari zat 4-methylimidazole (4-MI) yang dapat menyebabkan kanker. Tidak hanya soda biasa, soda diet juga bisa memicu kanker.  

3. Makanan tinggi garam

Makanan pemicu kanker yang seharusnya Anda hindari ketiga adalah makanan tinggi garam. Jika Anda suka camilan rasa gurih cenderung asin, sebaiknya mulai kurangi sekarang juga.  

Makanan dengan garam tinggi dikategorikan sebagai makanan pemicu kanker. Konsumsi garam yang berlebihan bisa berujung pada risiko tekanan darah tinggi.   

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mencegah Hepatitis Misterius Pada Anak

4. Makanan cepat saji

Makanan pemicu kanker yang seharusnya Anda hindari selanjutnya adalah makanan cepat saji yang mudah menaikkan berat badan berlebih atau obesitas.  

Mengonsumsi makanan cepat saji sangat bisa menjadi pemicu bertambahnya berat badan.   

5. Daging yang dimasak dengan suhu tinggi

Makanan pemicu kanker yang seharusnya Anda hindari terakhir adalah daging olahan. Sebaiknya Anda mulai membatasi atau sebisa mungkin menghindarinya.  

Daging yang diolah dengan menggunakan suhu tinggi akan membentuk senyawa kimia yang bisa mengakibatkan terjadinya perubahan DNA manusia.   

Jadi, lebih baik Anda mengolah daging dengan cara direbus hingga matang, atau mengasinkan daging terlebih dahulu sebelum dimasak.   

Itulah daftar makanan pemicu kanker yang seharusnya Anda hindari mulai sekarang. Perbanyak makanan dari tanaman seperti buah, sayur, kacang, dan biji-bijian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News