HOME, Bugar

Inilah 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Rusak, Apa Saja?

Inilah 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Rusak, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Rambut rusak bisa disebabkan dari kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan pada rambut. Rambut rusak yang dimaksud seperti rambut jadi mudah rontok, rambut bercabang, rambut mengembang atau kering.

Anda mungkin merasa telah merawat rambut dengan baik, tapi tanda disadari kebiasaan tersebut malah membuat rambut jadi rusak. Melansir dari loreal-paris.co.id, simak penjelasan tentang kebiasaan yang menyebabkan rambut rusak, yaitu: 

1. Terlalu Sering Keramas

Kebiasaan yang menyebabkan rambut rusak pertama adalah terlalu sering keramas. Melakukan keramas bermanfaat untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Tetapi jika dilakukan terlalu sering akan berpengaruh buruk pada rambut. Padahal, semakin sering Anda keramas, semakin banyak minyak alami di kulit kepala yang hilang. Ini membuat helaian rambut menjadi kering karena minyak alami ini tidak tersebar ke rambut. 

2. Menggunakan Alat Styling Berlebihan

Kebiasaan yang menyebabkan rambut rusak selanjutnya yaitu menggunakan alat styling berlebihan. Tampil cantik dengan rambut yang tertata rapi dan gaya memang penting. Wajar saja jika penggunaan alat pelurus, pengering, dan pengeriting rambut menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Akan tetapi, penataan rambut dengan alat yang menghasilkan panas tinggi akan membuat rambut Anda lama kelamaan akan lebih rapuh dan rentan patah.

Baca Juga: Hindari Begadang! Ini Dia 4 Manfaat Tidur Cukup untuk Kecantikan Kulit

3. Salah Penggunaan Handuk

Berikutnya, salah penggunaan handuk juga membuat rambut rusak. Membungkus handuk di kepala selesai keramas agar air tidak menetes sebenarnya sah-sah saja. Namun, bila Anda membungkus rambut terlalu kuat, bisa menjadi pemicu masalah rambut.

Apalagi bila handuk Anda terbuat dari bahan yang kasar. Memiliki kebiasaan menggosok rambut dengan handuk dengan maksud mengeringkan lebih cepat juga berpotensi membuat masalah rambut salah satunya menjadi penyebab masalah kerontokan.   

4. Mengeringkan Rambut Basah

Saat rambut sedang basah, kondisinya sangat rapuh. Penyebabnya adalah struktur rambut yang berubah saat masih basah. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak melakukan apapun terhadap rambut yang basah, misalnya mengeringkan menggunakan handuk atau hair dryer serta menyisirnya. 

5. Menyisir Rambut Berlebihan

Penyebab rambut rusak lainnya adalah menyisir rambut berlebihan. Menyisir rambut dapat membantu memperlancar peredaran darah di kulit kepala.

Akan tetapi, bila dilakukan berlebihan, justru akan berdampak buruk. Menyisir terlalu sering, apalagi terlalu kuat, akan membuat rambut rontok dan mudah patah karena kutikula rambut terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News