HOME, Keluarga

Inilah 5 Kebiasaan Positif yang Harus Orang Tua Tunjukkan pada Anak-Anak Mereka

Inilah 5 Kebiasaan Positif yang Harus Orang Tua Tunjukkan pada Anak-Anak Mereka

MOMSMONEY.ID - Menjadi orang tua tentu tidak mudah. Pasalnya, segala tindakan orang tua harus benar-benar terkontrol supaya tidak menjadi contoh yang buruk bagi anak-anak.

Dalam kehidupan sehari-hari, pastilah ada kebiasaan dari orang tua yang kemungkinan besar akan ditiru oleh anak mereka baik itu kebiasaan positif maupun negatif.

Nah, supaya anak-anak tidak tertular kebiasaan Anda yang justru dapat merugikan mereka, sangat disarankan bagi Anda untuk menonjolkan kebiasaan baik mulai detik ini juga. Kira-kira, apa sajakah kebiasaan baik yang tidak boleh luput untuk Anda terapkan? Melansir iMom, inilah 5 di antaranya:

Baca Juga: Anak Anda Pemalu? Inilah 6 Cara yang Bisa Anda Terapkan untuk Mengatasinya

1. Makan makanan sehat

Jadwal yang sibuk tak jarang mengharuskan Anda untuk menyiapkan menu makanan yang praktis dan jauh dari kata sehat. Padahal, tidak hanya Anda sebagai orang tua yang akan mengonsumsi makanan tersebut melainkan juga anak-anak Anda. Guna mencegah situasi demikian terjadi, perencanaan yang terstruktur akan sangat membantu Anda dalam mempersiapkan pilihan makanan yang lebih baik dari segi kualitas dan gizi untuk keluarga Anda.

Pastikan untuk tidak mengisi kulkas Anda dengan makanan siap saji atau junk food. Sebagai gantinya, Anda dapat mengisinya dengan berbagai makanan yang sehat seperti yogurt, keju, kacang-kacangan, buah, dan granola. Dengan begitu, anak-anak Anda akan terbiasa untuk makan makanan yang memang baik bagi mereka.

2. Bergerak aktif

Pasti Anda sudah sangat familiar dengan sebuah pepatah yang berbunyi "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" bukan? Nah, segala tindakan Anda sebagai orang tua tentu akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi anak-anak Anda.

Ketika Anda senantiasa bergerak aktif setiap harinya, maka kemungkinan besar anak Anda akan menirunya dan perilaku malas pun akan cenderung menjauhi mereka. Menjadi pribadi yang tetap aktif tidak hanya akan melatih anak-anak Anda untuk memiliki gaya hidup sehat lho, melainkan juga akan meningkatkan kesehatan Anda sendiri.

3. Membatasi konsumsi media

Apabila Anda menghabiskan waktu senggang dengan cara menonton TV, menjelajahi internet, atau bermain video game di gadget, itu artinya Anda sedang melatih anak-anak untuk melakukan kebiasaan yang sama dengan Anda.

Alih-alih bergantung pada gadget, alangkah baiknya Anda melakukan aktivitas fisik ketika sedang tidak sibuk seperti bersih-bersih rumah atau mengajak anak bermain asah otak. Atau, Anda juga dapat mengajak anak ke perpustakaan untuk mengalihkan pikiran Anda dan anak dari bayang-bayang TV atau media elektronik lainnya. Ketika Anda berhasil menerapkan kebiasaan ini, Anda mungkin akan kagum dan begitu menikmati waktu santai Anda tanpa dibanjiri suara TV atau notifikasi ponsel yang sering memecah ketenangan maupun konsentrasi.

4. Rajin beribadah

Jika Anda menginginkan anak-anak Anda tumbuh menjadi sosok yang religius, maka Anda sebagai orang tua haruslah mengawalinya. Tunjukkanlah di hadapan anak bahwa Anda merupakan sosok yang taat beribadah dan takut akan Tuhan. Dengan begitu, apa yang Anda lakukan akan tertanam dalam diri anak dan mereka pun akan bergerak untuk mengikutinya.

Ajaklah anak Anda untuk beribadah bersama dan selalu ingatkan mereka bahwa menjunjung tinggi iman kepada Tuhan menjadi bagian penting dari kehidupan.

5. Berperilaku rapi dan teratur

Apabila Anda terbiasa berpenampilan rapi dan teratur dalam kehidupan sehari-hari, itu artinya Anda sedang membesarkan anak-anak Anda dalam lingkungan yang juga rapi dan teratur.

Tidak hanya dalam berpakaian, perilaku rapi dan teratur juga harus Anda terapkan dalam hal kebersihan rumah. Anda dapat mengajak anak-anak untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih rumah guna melatih kedisiplinan sekaligus meningkatkan kemampuan bekerja sama yang tentunya akan berguna kelak ketika anak Anda sudah dewasa dan memiliki rumah sendiri.

Itulah 5 kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari yang harus Anda terapkan dan tunjukkan di hadapan anak-anak Anda. Apakah Anda sudah melakukan kelima kebiasaan tersebut? Pastikan untuk tidak menundanya ya!

Selanjutnya: 6 Cara Menjadi Pendengar yang Baik untuk Anak-Anak Anda, Orang Tua Wajib Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News