Inilah 5 Gejala Penyakit Asam Lambung Naik yang Sering Disepelekan

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 13 Januari 2022 | 10:05 WIB
Inilah 5 Gejala Penyakit Asam Lambung Naik yang Sering Disepelekan

MOMSMONEY.ID - Gejala asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring.

Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. 

Melansir dari American Academy of Allergy Asthma and Immunology, selain heartburn dan asam pada mulut, ada beberapa tanda lain yang menjadi ciri-ciri asam lambung naik. 

Gejala yang muncul seperti mudah kenyang, lebih sering bersendawa, sakit tenggorokan, mual, muntah, produksi air liur lebih banyak, bau mulut, dan mengalami batuk tanpa dahak.

Baca Juga: Buah yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Dilansir dari Mayo Clinic dan Women Health, berikut beberapa gejala asam lambung naik yang sering disepelekan, antara lain:

1. Radang tenggorokan

Gejala asam lambung naik yang sering disepelekan pertama adalah munculnya radang tenggorokan. 

Tak hanya menjadi gejala infeksi bakteri atau virus, radang kerongkongan ternyata bisa juga menjadi tanda asam lambung yang naik. 

Bila Anda menderita penyakit GERD, asam dari lambung bisa naik dan menekan bagian belakang ke kerongkongan.  Jika dibiarkan, cairan asam tersebut bisa merusak kerongkongan yang dapat menyebabkan esofagitis.

2. Sendawa

Gejala asam lambung naik yang sering disepelekan kedua adalah sendawa. Sendawa merupakan cara tubuh mengeluarkan udara berlebih dari saluran pencernaan bagian atas.

Berdasarkan penjelasan Mayo Clinic, sendawa normal terjadi ketika Anda menelan udara berlebih. 

Namun, sendawa yang terjadi terus-menerus, lebih dari satu sampai dua kali dalam waktu yang berdekatan, bisa menjadi gejala asam lambung naik. 

Kondisi ini berkaitan dengan naiknya asam lambung yang membuat kerongkongan menyempit sehingga sulit menelan. Saat kesulitan menelan, udara berlebih tidak bisa dikeluarkan dengan lancar dari dalam tubuh.

Editor: Helvana Yulian
Terbaru