HOME, Bugar

Inilah 5 Gejala Asam Lambung Naik yang Harus Diwaspadai

Inilah 5 Gejala Asam Lambung Naik yang Harus Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Naiknya asam lambung merupakan masalah pada organ pencernaan yang kerap dialami banyak orang.   

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan gejala asam lambung yang muncul. Padahal, gejala tersebut bisa menandakan penyakit pencernaan tertentu.    

Gejala asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring.   

Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. 

  Baca Juga: 5 Penyakit yang Kerap Menyerang Sistem Pencernaan

Dilansir dari Mayo Clinic dan Women Health, berikut beberapa gejala asam lambung naik yang harus diwaspadai, antara lain:  

1. Sendawa

Gejala asam lambung naik yang harus diwaspadai pertama adalah sendawa. Sendawa merupakan cara tubuh mengeluarkan udara berlebih dari saluran pencernaan bagian atas.   

Berdasarkan penjelasan Mayo Clinic, sendawa normal terjadi ketika Anda menelan udara berlebih.    

Namun, sendawa yang terjadi terus-menerus, lebih dari satu sampai dua kali dalam waktu yang berdekatan, bisa menjadi gejala asam lambung naik.   

2. Sulit menelan

Gejala asam lambung naik yang harus diwaspadai kedua adalah sulit menelan. Salah satu gejala asam lambung naik yang perlu Anda perhatikan adalah kesulitan menelan (disfagia).    

Begini, asam lambung yang naik secara teratur ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi dan luka di daerah tersebut.   

3. Nyeri atau panas pada kerongkongan

Gejala asam lambung naik yang harus diwaspadai ketiga adalah nyeri atau panas pada kerongkongan. Naiknya asam lambung bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan kerongkongan (esofagus).   

Kerusakan ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan sensasi panas di bawah tenggorokan dan dada, bagian di mana kerongkongan terletak.   

Baca Juga: Asam Lambung Naik? Inilah Langkah Sederhana Mengatasinya

4. Bau mulut

Gejala asam lambung naik yang harus diwaspadai keempat adalah bau mulut dan sering dianggap sebagai hal yang wajar.   

Penyebab utama refluks asam pada kebanyakan orang yaitu sfingter esofagus bagian bawah (LES), yaitu kondisi di mana otot kerongkongan rusak atau mengendur.    

Bila otot kerongkongan bekerja dengan baik, otot ini akan terbuka saat menelan untuk membiarkan masuk ke perut, kemudian menutup dengan rapat.   

5. Radang tenggorokan

Gejala asam lambung naik yang harus diwaspadai kelima dalah munculnya radang tenggorokan.    

Tak hanya menjadi gejala infeksi bakteri atau virus, radang kerongkongan ternyata bisa juga menjadi tanda asam lambung yang naik.   

Itulah lima gejala asam lambung naik yang harus diwaspadai, Namun, bila kondisi di atas sudah sangat mengganggu, silakan konsultasikan dengan dokter guna memahami solusi apa yang tepat untuk Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News