HOME, Bugar

Inilah 5 Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Jarang Diketahui

Inilah 5 Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Penyakit lupus atau dalam bahasa medisnya disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah salah satu penyakit yang paling sering menyerang manusia.  

Meskipun cukup banyak diderita orang, pengetahuan tentang penyakit ini masih minim. Kebanyakan penderita lupus sangat sedikit yang menyadari jika menderita penyakit lupus. 

Selain karena gejalanya sulit untuk diketahui, gejala lupus berbeda-beda setiap orang, tergantung dari jumlah dan jenis antibodi yang dihasilkan serta organ yang terkena, dikutip dari Healthline.

Baca Juga: Berisiko Tinggi, Ini Penyebab Sepsis yang Perlu Diketahui

 Dilansir dari Healthline inilah beberapa fakta tentang penyakit lupus yang jarang diketahui orang lain, antara lain: 

1. Tetap dapat menjalani kehidupan dengan normal

Fakta tentang penyakit lupus yang pertama adalah tetap dapat menjalani kehidupan dengan normal.  

Lupus tidak membatasi pengidapnya untuk melakukan aktivitas normal. Yang terpenting adalah menjaga kesehatan sesuai dengan anjuran dokter.  

2. Lebih banyak wanita

Fakta tentang penyakit lupus yang kedua adalah penyakit ini menyerah lebih banyak wanita. Dibandingkan dengan pria, wanita berisiko 10 kali lebih besar untuk terkena lupus. 

Umumnya terjadi pada usia 15-45 tahun dan tidak dapat mudah dideteksi. Biasanya gejala lupus yang kerap muncul mirip dengan flu. 

3. Penyakit autoimun

Fakta tentang penyakit lupus yang ketiga adalah sebagai salah satu jenis penyakit autoimun. Seseorang terkena lupus, kondisi sistem kekebalan tubuhnya menyerang sel-sel dan jaringannya sendiri. 

Hal ini mengakibatkan gangguan sendi, ginjal, paru-paru, jantung, saraf dan organ tubuh lainnya. Inilah alasannya mengapa lupus termasuk dalam penyakit autoimun. 

Baca Juga: Pahami 5 Kebiasaan yang Wajib Dilakukan Penderita Gagal Ginjal

4. Memiliki banyak jenis

Fakta tentang penyakit lupus yang keempat adalah penyakit lupus memiliki banyak jenis. Masing-masing jenis lupus menunjukkan gejala yang cenderung berbeda-beda satu dengan lainnya. 

Jenis-jenis lupus antara lain systemic lupus erythematosus, discoid lupus, sub-acute cutaneous lupus erythematosus, drug-induced lupus dan neonatal lupus. 

5. Pengobatan tergantung pada jenis gejala

Fakta tentang penyakit lupus yang terakhir adalah pengobatan berbeda tergantung jenisnya. Sampai saat ini pengobatan lupus tergantung pada tanda dan gejala yang ditimbulkan. 

Misalnya, jika didiagnosis penyebabnya adalah gangguan sistem kekebalan tubuh di bagian sendi, maka bagian itulah yang akan diobati oleh dokter.  

 Meskipun penyakit lupus tidak terlihat populer, namun penderita lupus di Indonesia cukup banyak. Inilah beberapa fakta tentang penyakit lupus yang jarang diketahui orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News