CLOSE [X]
ads

Inilah 5 Cara untuk Merapikan Gigi yang Berantakan

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 21 Januari 2022 | 11:41 WIB
Inilah 5 Cara untuk Merapikan Gigi yang Berantakan

ILUSTRASI. Cara untuk Merapikan Gigi yang Berantakan


MOMSMONEY.ID - Memiliki gigi tidak rapi sering kali membuat tidak percaya diri. Alhasil, Anda mungkin mencari berbagai cara merapikan gigi. 

Gigi yang bermasalah juga bisa mengganggu cara makan dan bahkan bisa menyebabkan gigi berlubang, muncul banyak plak, hingga karang gigi. 

Nah, jika Anda salah satu orang yang punya gigi berantakan, Dilansir dari Mouth Health, berikut ini beberapa cara merapikan gigi yang berantakan yang perlu Anda coba, antara lain:

Baca Juga: Catat! Inilah Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan Gigi dan Mulut

1. Aligner

Cara merapikan gigi yang berantakan pertama adalah aligner. Aligner adalah alat seperti penyanggah gigi yang terbuat dari plastik bening, tipis, dan memiliki ukuran sesuai bentuk gigi Anda. 

Fungsi aligner adalah merapatkan gigi yang harus diganti tiap 2-3 minggu sekali hingga Anda mendapatkan struktur gigi sesuai dengan keinginan atau evaluasi dari dokter yang menangani Anda. 

2. Retainer

Cara merapikan gigi yang berantakan kedua adalah retainer. Bentuk retainer mirip dengan aligner, yakni plastik tipis dan bening yang menutupi permukaan gigi.

Hanya saja, retainer juga ada yang bersifat tetap alias tidak bisa dicopot-pasang. Retainer biasanya digunakan setelah dokter gigi Anda melakukan perawatan penguat atau penambalan gigi, misalnya dental bonding. 

Retainer harus digunakan terus selama 6 bulan pascaperawatan untuk menguatkan tambalan yang digunakan pada gigi. 

Editor: Helvana Yulian

Terbaru