HOME, Bugar

Inilah 5 Cara Mudah Mengatasi Biang Keringat Secara Alami

 Inilah 5 Cara Mudah Mengatasi Biang Keringat Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Biang keringat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan terganggu. Biang keringat bisa dialami oleh siapa saja, dari anak kecil hingga dewasa. Biang keringat adalah kondisi kulit yang bewarna merah, muncul benjolan kecil, dan terkadang terasa gatal.

Biang keringat biasanya terjadi di daerah yang bercuaca panas dan lembab. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan beberapa cara alami di bawah ini. Melansir dari herworld.co.id, berikut cara mengatasi biang keringat secara alami, yaitu: 

Biang Keringat

1. Mandi dengan Air Dingin

Cara mengatasi biang keringat secara alami pertama yaitu mandi dengan air dingin. Biang keringat disebabkan oleh panas, sehingga kulit harus merasakan kondisi dingin supaya biang keringat tidak bertambah parah. Solusinya, anda bisa mandi dengan menggunakan air dingin untuk meredakan kondisi tersebut. 

Sebenarnya cara ini tidak instan, namun biang keringat akan mereda setelahnya. Proses pembilasan saat mandi bisa membantu membuka pori-pori.

Cara ini sangat berguna, karena pori-pori yang tesumbat layaknya saluran keringat juga bisa menyebabkan biang keringat pada kulit Anda. Pori-pori tersumbat pada umumnya bukanlah hal yang bagus, itu bisa menyebabkan masalah pada wajah juga seperti komedo dan jerawat.

2. Menggunakan Kompresan Es

Selain mandi dengan air dingin, Anda juga bisa menggunakan kompresan es untuk mengatasi biang keringat. Saat kulit iritasi karena biang keringat, iritasi di kulit perlu untuk ditenangkan dengan cara menggunakan kompred dingin. 

Anda cukup menyiapkan es batu yang dibalut atau dibungkus dengan kain. Es batu dipercaya dapat menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan oleh biang keringat. Oleh karena itu, Anda perlu letakkan kain dingin tersebut ke permukaan kulit biang keringat.

Baca Juga: Promo BSI Hasanah Card, Lebih Hemat Diskon Hinga Rp 150.000 di Traveloka

3. Menggunakan Lidah Buaya

Cara mengatasi biang keringat selanjutnya dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat meredakan inflamasi atau peradangan, serta kandungan antiseptik yang bisa mencegah infeksi kulit.

Lidah buaya juga bisa mengurangi area yang terkena biang keringat. Tentunya sangat berguna untuk kulit yang terasa gatal. 

Cara menggunakannya tidak sulit, Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke permukaan kulit yang mengalami biang keringat dan diamkan sampai meresap. Untuk hasil yang optimal, gunakan lidah buaya secara turin setiap hari sampai biang keringat itu hilang. 

4. Menggunakan Madu

Selain lidah buaya, madu juga bisa mengatasi biang keringat secara alami. Madu juga memiliki sifat anti inflamasi di dalamnya. Kandungan anti inflamasi dapat mengatasi masalah biang keringat, seperti saat sedang berjerawat.

Selain anti inflamasi, madu juga memiliki kandungan anti bakteri serta humektan. Humektan sendiri bisa memberikan kelembapan pada kulit. Kemudian, madu juga bisa meremajakan kulit Anda. Madu cocok digunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi dan anak-anak. 

Cara mengatasi biang keringat dengan sangat mudah yaitu Anda cukup aplikasikan madu tersebut ke kulit biang keringat. Lalu, diamkan selama sekitar 20 menit. Selanjutnya bilas dengan air mengalir sampai bersih. Lakukan perawatan ini rutin setiap harinya juga seperti lidah buaya. 

5. Memakai Pakaian yang Tidak Menyerap Panas

Cara mengatasi biang keringat lainnya yaitu dengan memakai pakaian yang tidak menyerap panas. Anda harus memperhatikan pakaian yang akan digunakan agar tidak memunculkan atau memperparah biang keringat.

Selain tidak menyerap panas, gunakan juga pakaian yang longgar. Pakaian yang sempit tidak akan terasa nyaman di kulit dan kulit tidak akan bisa bernafas dengan leluasa.

Bahkan bukan tidak mungkin pakaian yang sempit itu akan menggosok kulit biang keringat yang bisa menyebabkan rasa perih. Oleh sebab itu, hindari memakai pakaian sempit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News