HOME, Bugar

Inilah 5 Cara Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat

Inilah 5 Cara Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat

MOMSMONEY.ID - Saat hamil muda, ibu hamil kerap mengalami banyak keluhan. Umumnya terjadi karena tubuh menyesuaikan dengan perubahan hormon yang terjadi saat hamil.  

Menjaga kesehatan kehamilan muda menjadi langkah yang tepat untuk memastikan kondisi bayi dalam kandungan dapat berkembang dengan sehat dan optimal.   

Dilansir dari American Pregnancy Association, usia kehamilan muda adalah waktu yang cukup untuk masa pertumbuhan dan perkembangan seluruh organ bayi dalam kandungan.   

Menjaga kesehatan kehamilan muda penting untuk menghindari gangguan yang dapat terjadi pada ibu maupun bayi dalam kandungan.   

Baca Juga: Ini Alasan Ibu Hamil Tidak Dianjurkan Berpuasa

Dilansir dari Pregnant Education, inilah beberapa cara menjaga kehamilan muda tetap sehat, antara lain:  

1. Perbanyak konsumsi air putih

Cara menjaga kehamilan muda tetap sehat yang pertama adalah memperbanyak konsumsi air putih.  

Perbanyak mengonsumsi air putih saat menjalani kehamilan menjadi salah satu kewajiban yang perlu ibu lakukan untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. 

Hal ini disebabkan karena tubuh memerlukan cairan lebih untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.  

2. Hindari asupan yang mengandung polutan

Cara menjaga kehamilan muda tetap sehat yang kedua adalah menghindari asupan yang mengandung polutan.  

Selama hamil, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi demi mendukung perkembangan janin. 

Jenis makanan yang baiknya dihindari itu adalah hati, ikan dengan kadar merkuri tinggi, serta produk susu tidak dipasteurisasi.  

3. Istirahat cukup

Cara menjaga kehamilan muda tetap sehat yang ketiga adalah istirahat yang cukup. Penuhi kebutuhan istirahat saat ibu menjalani kehamilan muda.

Dilansir dari National Sleep Foundation, saat menjalani kehamilan muda, ibu hamil perlu memenuhi waktu istirahat yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Jangan Disepelekan ! Ini 5 Penyebab Wanita Lebih Rentan Mengalami Depresi

4. Konsumsi makanan matang

Cara menjaga kehamilan muda tetap sehat yang keempat adalah konsumsi makanan matang. Pastikan makanan yang Anda konsumsi sudah matang sempurna.

Daging setengah matang atau mentah bisa mengandung bakteri Salmonella dan parasit toksoplasmosis yang memicu keguguran serta kerusakan otak janin.  

Terkecuali Anda bisa memastikan tingkat kematangannya secara langsung, sebaiknya hindari terlebih dulu makanan seperti sushi, sashimi, satai, dan steak.  

5. Lakukan gaya hidup sehat

Cara menjaga kehamilan muda tetap sehat yang kelima adalah melakukan gaya hidup sehat dan ini harus konsisten dilakukan. 

Melakukan gaya hidup sehat saat menjalani kehamilan dapat membantu ibu untuk menjaga kesehatannya maupun bayi dalam kandungan. 

Dilansir dari Healthline, tidak ada salahnya ibu hamil melakukan olahraga ringan secara rutin. Namun, jangan paksakan jika kesehatan ibu sedang kurang baik.

Itulah cara untuk menjaga kesehatan kehamilan di trimester pertama. Jangan lupa untuk menjalani kehamilan dengan hati yang senang agar kesehatan juga dapat menjadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News