Bugar

Inilah 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Benar

Inilah 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Bruntusan termasuk masalah kulit yang cukup mengganggu. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. 

Bruntusan adalah benjolan kecil di kulit wajah yang terasa kasar dan tidak rata saat disentuh. Penyebab munculnya bruntusan, seperti stres, perubahan hormon, produksi keringat berlebih, kurang terjaganya kebersihan kulit dan penggunaan skincare yang tidak sesuai. 

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, simak lima cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami dilansir dari senka.id, yaitu: 

1. Rutin Double Cleansing

Cara pertama menghilangkan bruntusan di wajah adalah rutin double cleansing. Pentingnya rutin membersihkan wajah karena kulit wajah selalu terpapar polusi, bakteri dan kotoran yang menempel di pori-pori menjadi salah satu pemicu munculnya komedo. 

Anda perlu membersihkan permukaan kulit dengan optimal, menggunakan metode double cleansing biar tidak bruntusan.

Selanjutnya, Anda bisa memastikan kulit benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel dengan cara mencuci wajah menggunakan face wash yang sesuai dengan tipe kulit Anda. 

2. Gunakan Toner

Cara menghilangkan bruntusan di wajah selanjutnya adalah gunakan toner. Produk skincare ini mampu membersihkan sisa-sisa kotoran, mengembalikan keseimbangan pH kulit, dan mempersiapkan kulit wajah untuk menerima rangkaian produk perawatan berikutnya. 

Baca Juga: Simak 4 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam Secara Alami dan Aman

3. Pakai Moisturizer

Kemudian, gunakan produk moisturizer setiap hari. Moisturizer harus digunakan oleh semua jenis kulit, tidak hanya kulit kering. Hal ini agar kadar air pada kulit terjaga, sehingga kulit tidak memproduksi minyak berlebih yang merangsang terbentuknya bruntusan di wajah. 

Anda bisa mengaplikasikan moisturizer dua kali sehari, yang sesuai dengan tipe kulit. Pilihlah moisturizer dengan kandungan Ceramide, Hyaluronic Acid, Gliserin, atau Asam Laktat yang mampu mengatasi kulit bruntusan.

4. Gunakan Sheet Mask

Berikutnya, Anda juga perlu menggunakan sheet mask. Fungsi dari sheet mask salah satunya yaitu, dapat meredakan iritasi dan menutrisi kulit.

Anda bisa memilih sheet mask yang mengandung Royal Jelly, Double Hyaluronic Acid, hingga Aloe Vera Essence agar melembapkan dan membantu mengurangi bruntusan di wajah.

5. Lakukan Eksfoliasi

Cara menghilangkan bruntusan di wajah lainnya adalah lakukan eksfoliasi. Bruntusan disebabkan oleh kotoran dan minyak yang tersumbat di pori-pori.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali, agar sel kulit mati di wajah terangkat. Sehingga, kulit wajah jadi bersih dan minyak pun tidak tersumbat.

Pilihlah produk eksfoliasi, seperti toner AHA/BHA yang gentle dan lembut di kulit. Sebab, kandungannya mampu membersihkan pori-pori, sehingga bruntusan pun dapat berkurang. 

Tidak sulit, kan? Itulah beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News