HOME, Bugar

Inilah 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal yang Mengganggu

Inilah 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal yang Mengganggu

MOMSMONEY.ID - Tenggorokan gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti reaksi alergi, perubahan cuaca, polusi udara, atau kondisi medis tertentu.

Untuk mengatasinya, ada berbagai obat-obatan yang dapat Anda coba agar rasa tidak nyaman dan gatal pada tenggorokan dapat reda.

Tenggorokan gatal umumnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus, sebab akan sembuh dengan sendirinya dalam 7–10 hari.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Jarang Diketahui Orang

Dilansir dari Medical News Today, inilah beberapa cara mengatasi tenggorokan gatal yang mengganggu, antara lain: 

1. Humidifier

Cara mengatasi tenggorokan gatal yang mengganggu pertama dengan menggunakan humidifier. Ini dapat dilakukan jika gangguan disebabkan oleh oleh udara kering atau alergi.

Penggunaan humidifier juga dapat membantu menjaga lendir agar tidak mengering dan mengiritasi bagian belakang tenggorokan.

2. Mengonsumsi teh atau sup panas

Cara mengatasi tenggorokan gatal yang mengganggu kedua dengan mengonsumsi teha tau sup panas. Suhu hangatnya bisa membantu menenangkan area yang gatal.

Mendapatkan asupan cairan yang cukup dapat menjaga selaput lendir tetap bersih, mencegah penumpukan benda asing yang membuat rasa tidak nyaman di tenggorokan.

3. Mengonsumsi madu

Cara mengatasi tenggorokan gatal yang mengganggu ketiga dengan mengonsumsi madu. Anda bisa mengonsumsi dua sendok madu untuk meredakan iritasi dan gatalnya.

Namun, penggunaan madu tidak disarankan bagi anak yang berusia di bawah satu tahun karena dapat menyebabkan Infant botulism atau keracunan.

Baca Juga: Inilah Sederet Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan

4. Berkumur dengan air garam

Cara mengatasi tenggorokan gatal yang mengganggu keempat adalah berkumur dengan air garam. 

Caranya dilakukan dengan menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat.

5. Susu dan kunyit

Cara mengatasi tenggorokan gatal yang mengganggu terakhir dengan mengonsumsi susu dan kunyit. Campuran susu dan kunyit juga dipercaya dapat meredakan tenggorokan gatal.

Caranya, rebus secangkir susu dan tambahkan satu sendok teh kunyit yang telah dihaluskan. Minum setiap malam sebelum tidur. Selain susu, Anda juga dapat mencampur kunyit dengan air.

Berbagai cara di atas bisa Anda coba untuk mengatasi tenggorokan gatal yang mengganggu. Hal ini tidak boleh dianggap remeh karena bisa saja menandakan suatu penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News