HOME, Bugar

Inilah 5 Cara Ampuh untuk Mencegah Kanker Prostat Sejak Dini

Inilah 5 Cara Ampuh untuk Mencegah Kanker Prostat Sejak Dini

MOMSMONEY.ID - Kanker prostat adalah organ yang terletak di bawah kandung kemih dan memproduksi air mani. Berbagai gangguan yang biasa dialami salah satunya adalah kanker prostat. 

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan kanker prostat sejak dini agar penyakit ini tidak mengancam nyawa Anda.  

Baca Juga: Inilah Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir Cancer Care, berikut ini cara ampuh mencegah kanker prostat yang perlu Anda lakukan secara rutin, antara lain: 

1. Tidak mengonsumsi suplemen vitamin E tambahan

Cara ampuh mencegah kanker prostat yang pertama adalah tidak mengonsumsi suplemen vitamin E tambahan.   

Beberapa penelitian menyebut, terlalu sering mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif. 

2. Olahraga teratur

Cara ampuh mencegah kanker prostat yang keddua adalah olahraga teratur. 

Olahraga secara teratur dipercaya dapat menjadi cara mencegah kanker prostat dan membantu Anda menghasilkan sperma yang sehat. 

Tidak hanya itu, olahraga juga dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit berbahaya lain seperti gangguan kandung kemih, penyakit jantung, dan jenis kanker lainnya.   

3. Batasi asupan lemak

Cara ampuh mencegah kanker prostat yang ketiga adalah batasi asupan lemak. Anda bisa menurunkan risiko kanker prostat dengan menerapkan pola makan sehat dan tepat.  

Pastikan Anda mengonsumsi makanan rendah lemak. Jenis makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, seperti daging, kacang-kacangan, minyak, hingga berbagai dairy food.  

Baca Juga: Beberapa Gangguan Sistem Reproduksi yang Rentan Menyerang Pria

4. Mengonsumsi kedelai dan teh hijau

Cara ampuh mencegah kanker prostat yang keempat adalah mengonsumsi kedelai dan teh hijau. Pakar nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi segelas teh hijau setiap pagi sebagai awalan yang baik untuk mencegah kanker. 

5. Batasi konsumsi daging merah dan susu

Cara ampuh mencegah kanker prostat yang kelima adalah batasi konsumsi daging merah dan susu. Daging merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, mengonsumsi daging berlebihan justru menjadi penyebab kanker prostat, pun kanker lainnya yang banyak dialami penderita di luar sana.  

Selain daging, susu juga termasuk dalam kategori makanan yang dapat memicu kanker prostat apabila dikonsumsi secara berlebihan. 

Itulah beberapa cara ampuh mencegah kanker prostat yang perlu Anda lakukan secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya dan proses pencegahan lebih maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News