HOME, Bugar

Inilah 5 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Hernia

Inilah 5 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Hernia

MOMSMONEY.ID - Hernia atau turun berok adalah benjolan yang muncul akibat keluarnya organ dalam tubuh melalui jaringan di sekitarnya yang melemah.

Jika dibiarkan tidak tertangani, hernia bisa menyebabkan aliran darah tersumbat sehingga terjadi kematian jaringan.

Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan jaringan ikat melemah dan menyebabkan organ mudah menonjol bila menerima tekanan.

Baca Juga: Sederet Risiko yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D

Dirangkum dari Healthline, terdapat beberapa cara ampuh untuk mencegah hernia yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Mempertahankan berat badan yang ideal

Cara ampuh untuk mencegah hernia yang pertama dalah mempertahankan berat badan yang ideal. Penting selalu menjaga berat badan tetap ideal sebagai langkah pencegahan obesitas.

Obesitas dapat membuat dinding perut tertekan akibat adanya lemak tubuh ekstra yang memberikan kekuatan pada bagian tengah tubuh.

2. Konsumsi makanan berserat tinggi

Cara ampuh untuk mencegah hernia yang kedua adalah konsumsi makanan berserat tinggi. Buang air besar yang teratur dan lancar tentunya dapat mencegah terjadinya sembelit.

Sembelit sendiri diketahui sebagai salah satu faktor risiko pemicu terjadinya hernia. Sembelit rentan membuat seseorang untuk mengejan terlalu keras saat buang air besar.

Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, hingga kacang-kacangan. Selain itu, penting untuk selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

3. Memeriksakan diri ke dokter jika mengalami batuk kronis

Cara ampuh untuk mencegah hernia yang ketiga adalah memeriksakan diri ke dokter jika mengalami batuk kronis. 

Batuk kronis atau yang berlangsung secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko terjadinya hernia.

Jika Anda mengidap batuk kronis yang dipicu oleh kondisi tertentu seperti asma atau infeksi, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter.  

Baca Juga: Kenali Manfaat Kedelai Edamame untuk Kesehatan Tubuh

4. Berhenti merokok

Cara ampuh untuk mencegah hernia yang keempat adalah berhenti merokok. Kebiasaan merokok berbahaya untuk semua aspek kesehatan pada tubuh.

Sebab, merokok dapat menyebabkan batuk kronis yang memberikan tekanan ekstra pada perut. Jika Anda merokok, maka pertimbangkanlah untuk berhenti merokok secepat mungkin.

5. Mengonsumsi jus sayur

Cara ampuh untuk mencegah hernia yang kelima adalah mengonsumsi jus sayur. Jus yang terdiri dari wortel, bayam, bawang bombai, brokoli, dan kale, bisa jadi salah satu obat hernia alami.

Nutrisi serta sifat antiradang yang ada pada sayur-sayuran tersebut dipercaya akan membantu meredakan nyeri yang timbul akibat hernia.

Itulah beberapa cara ampuh untuk mencegah hernia yang bisa Anda lakukan. Hernia sebenarnya tidak benar-benar bisa dicegah, apalagi jika yang mendasarinya adalah keturunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News