HOME, Bugar

Inilah 4 Tips Menjaga Imunitas Ibu Hamil

Inilah 4 Tips Menjaga Imunitas Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Sakit saat hamil pasti menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan. Pasalnya, sakit saat hamil membuat ibu memiliki kekhawatiran tambahan tentang kesehatan bayi.  

Selain itu, sistem kekebalan tubuh ibu selama hamil pun secara alami berkurang untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh.  

Untungnya, kebanyakan bayi tidak akan terpengaruh jika ibunya terkena infeksi selama kehamilan. Sayangnya, ibu juga tidak bisa menghindari semua sumber infeksi saat hamil.   

Meski begitu, tetap ada saja beberapa infeksi yang dapat ditularkan ke bayi melalui plasenta atau selama proses persalinan kelak. 

Cara terbaik untuk melindungi diri selama kehamilan adalah dengan menghindari orang yang mengidap infeksi, mencuci tangan secara teratur, dan berhati-hati dengan apa yang ibu makan.  

Dirangkum dari Pregnant Education dan Mayo Clinic, inilah beberapa tips untuk meningkatkan imunitas ibu hamil, antara lain:  

Baca Juga: Waspada! 5 Jenis Penyakit Ini Sering Dialami Generasi Milenial

1. Minum banyak air

Tips untuk meningkatkan imunitas ibu hamil yang pertama adalah minum banyak air.  

Pastikan ibu tetap terhidrasi dengan baik untuk membantu tubuh berfungsi dengan optimal dan sebagai langkah meningkatkan imunitas tubuh.  

Usahakan untuk minum sekitar delapan gelas air sehari dan ini akan membantu tubuh mengeluarkan racun dan melawan dehidrasi.  

2. Banyak tidur

Tips untuk meningkatkan imunitas ibu hamil yang kedua adalah banyak tidur.  

Usahakan tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi untuk membantu mengatur pola tidur.  

Kehamilan dapat memengaruhi tidur, dari bangun beberapa kali dalam semalam, seperti bikin ibu harus bolak-balik ke toilet atau karena ibu terus berusaha menemukan posisi tidur yang nyaman.  

Untuk mengatasinya, gunakan bantal badan untuk membantu ibu memosisikan diri dengan nyaman di tempat tidur. Ibu juga perlu biasakan diri untuk buang air kecil sebelum tidur.   

3. Jaga kebersihan

Tips untuk meningkatkan imunitas ibu hamil yang ketiga adalah menjaga kebersihan. Pastikan untuk sering mencuci tangan dan hindari kontak langsung dengan siapa pun yang sedang sakit.  

Penyakit selama kehamilan biasanya tidak memengaruhi bayi, tetapi bisa serius dan menyebabkan komplikasi seperti persalinan prematur.  

Jika ibu tidak enak badan atau mengalami gejala pilek atau flu, segera hubungi dokter.   

Baca Juga: Tips Mengatur Aktivitas Olahraga Selama Bulan Puasa

4. Konsumsi vitamin kehamilan

Tips untuk meningkatkan imunitas ibu hamil yang keempat adalah konsumsi vitamin kehamilan.  

Selama hamil, ibu akan sangat membutuhkan asam folat, kalsium, dan zat besi tambahan. Cara terbaik mendapatkannya adalah melalui makanan sehat.  

Namun, ibu juga mungkin harus mengonsumsi vitamin atau suplemen prenatal yang disarankan oleh dokter.  

Beberapa wanita hamil mungkin memerlukan suplemen untuk mengatasi kekurangan vitamin, seperti zat besi atau B12.   

Inilah beberapa tips cara meningkatkan imunitas pada ibu hamil yang perlu Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News