Keluarga

Inilah 4 Penyebab Otot Tak Kunjung Terbentuk meski Sudah Rajin Workout

Inilah 4 Penyebab Otot Tak Kunjung Terbentuk meski Sudah Rajin Workout

MOMSMONEY.ID - Catat, inilah 4 penyebab otot tak kunjung terbentuk padahal sudah rajin workout.

Sudah melakukan workout secara konsisten tapi otot tak kunjung terbentuk? Kemungkinan besar, Anda telah melewatkan hal-hal penting yang dibutuhkan untuk membantu pembentukan otot selain workout.

Mengutip Livestrong.com dan Prevention, ada beberapa penyebab otot tak kunjung terbentuk padahal sudah rajin workout. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Sedang Membentuk Otot? Hindari 5 Makanan yang Membuat Otot Sulit Terbentuk Ini, Ya!

1. Tidak makan cukup protein

Protein dibutuhkan tubuh untuk membangun otot. Jadi, penting untuk memastikan Anda mendapatkan asupan protein yang cukup sepanjang hari terutama setelah berolahraga. Ini bertujuan untuk mendukung perbaikan dan pertumbuhan otot.

Setidaknya, makanlah 1 gram protein untuk setiap kilogram (2,2 pon) berat badan Anda per hari. Dengan kata lain, makanlah setidaknya setengah dari berat badan Anda dalam gram protein.

Misal, jika berat badan Anda 180 pon, maka Anda harus mengonsumsi 90 gram protein setiap hari.

Dalam studi kecil pada Juni 2020 di International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, atlet angkat besi wanita yang mengonsumsi 1,13 gram protein per pon berat badannya memperoleh rata-rata 4,6 pon otot selama 8 minggu.

Kelompok protein tinggi juga kehilangan lebih banyak lemak tubuh selama periode yang sama.

2. Tidak makan cukup karbohidrat

Ahli gizi terdaftar Maria-Paula Carillo mengatakan, berfokus pada asupan protein saja tidak akan membantu membangun otot.

Saat mengonsumsi protein secara berlebihan, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup. Padahal, asupan karbohidrat juga penting saat Anda sedang mencoba membangun otot.

Karbohidrat tidak hanya penting untuk memicu workout dan memberi lebih banyak energi, tetapi juga membantu membangun kembali jaringan otot yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan otot.

Baca Juga: Layak Dicoba, 5 Tips Kecantikan untuk Mendatangkan Keberuntungan di Hari Imlek

3. Kurang tidur

Ketika Anda tidak cukup tidur, kesejahteraan mental dan fisik Anda akan terganggu. Begitu juga dengan kemampuan Anda untuk membangun otot.

Tidur kurang dari 7 jam per malam dapat menurunkan kadar testosteron, mengurangi sintesis protein otot, dan meningkatkan kadar kortisol, menurut sebuah studi di Physiology Reports pada Januari 2021. Testosteron adalah hormon yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot.

Tatkala Anda tidur, akan terjadi pelepasan antioksidan. Tanpa pelepasan antioksidan yang cukup di usus, tubuh Anda akan mulai membangun spesies oksigen reaktif (molekul yang menyebabkan peradangan tubuh).

Akibat peradangan tersebut, tubuh akan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk membangun otot.

4. Stres

Siapa sangka jika stres juga bisa mengacaukan pertumbuhan otot.

Stres yang sudah memasuki level kronis dapat menggeser keseimbangan hormon, menurunkan kadar hormon anabolik yang mendorong pertumbuhan tulang dan massa otot, hingga meningkatkan kadar hormon perusak otot, menurut sebuah studi di Biodemography and Social Biology.

Stres bahkan bisa membuat otot berkontraksi dengan buruk. Dalam studi kecil pada Januari 2014 di Journal of Clinical and Diagnostic Research, para peneliti menemukan bahwa ketika orang mengalami lebih banyak stres, otot mereka tidak dapat berkontraksi sekeras atau sebaik yang seharusnya.

Padahal, kontraksi yang baik penting untuk pertumbuhan otot itu sendiri.

Nah, itulah 4 penyebab otot tak kunjung terbentuk padahal sudah rajin workout.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News