Bugar

Inilah 4 Penyebab Kulit Kusam yang Harus Anda Tahu

Inilah 4 Penyebab Kulit Kusam yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Siapa yang tak ingin memiliki kulit cerah dan sehat setiap harinya. Namun, yang terlihat malah kulit kusam dan berminyak. Ada berbagai penyebab bisa munculnya kulit kusam di wajah Anda. Sadar atau tidak penyebab tersebut bisa datang dari kebiasaan sehari-hari. 

Diharapkan saat melakukan perawatan, Anda bisa menghindari penyebab dari munculnya kulit kusam tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak penyebab kulit kusam yang harus Anda tahu dilansir dari natur-e.co.id, yaitu: 

Kulit Kusam

1. Kurang Tidur

Penyebab kulit kusam pertama adalah kurang tidur. Kulit kusam bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang lelah. Jika kurang tidur dalam beberapa hari terakhir, kulit bukan hanya kehilangan kilau alaminya tapi juga muncul lingkaran hitam di bawah mata dan tampak bengkak. Kulit pun membutuhkan istirahat seperti tubuh Anda, sehingga pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup, minimal 8 jam setiap malam.

2. Stres Berlebihan

Penyebab kulit kusam selanjutnya adalah stres berlebihan. Stres bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh Anda, termasuk kulit. Peningkatan hormon stres ini disebut dengan kortisol, yang menyebabkan kulit tampak kusam dan pucat.

Sebaiknya, lebih banyak istirahat dan rileksasi yang dapat menurunkan kadar stres. Coba lakukan pijat wajah maupun bagian tubuh dengan bantuan pelembap, yang dapat menstimulasi aliran darah dan bikin kulit tampak glowing dan kencang.

Baca Juga: Nikmati Promo Traveloka 7.7 Kembar! Diskon Tiket Pesawat Domestik Hingga Rp 700.000

3. Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Kurangnya minum air putih atau penggunaan sabun berfomula keras bisa memicu kulit kusam karena kulit kehilangan kelembapan alaminya.

Kulit yang mengalami dehidrasi secara otomatis akan memproduksi lebih banyak minyak, untuk menggantikan kadar air yang hilang. Oleh karena itu, kulit wajib dijaga tetap lembap dengan memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya dan rutin menggunakan pelembab.

4. Paparan Sinar Matahari dan Polusi

Penyebab kulit kusam lainnya adalah paparan sinar matahari dan polusi yang terus-menerus. Paparan sinar UV dapat memecah protein penting di kulit dan merusak skin barrier. Hasilnya, kulit tampak lebih gelap dan kusam.

Kondisi ini diperparah udara yang tercemar polusi dan menciptakan radikal bebas. Jika terkena kulit, kolagen akan mengalami kerusakan dan memicu produksi pigmen dari waktu ke waktu. Kulit bukan hanya terlihat makin kusam, tapi tekstur kulit jadi terasa kasar.

Sebaiknya, Anda perlu mencuci wajah dua kali sehari dan gunakan pembersih yang lembut sehingga kelembapan alami tetap terjaga. Selain itu, aplikasikan juga pelembab dan sunscreen pada pagi hari. Selamat mencoba, moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News