HOME, Bugar

Inilah 4 Manfaat Pepaya untuk Kulit, Apa Saja?

Inilah 4 Manfaat Pepaya untuk Kulit, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Suka mengonsumsi buah pepaya? Atau menjadikan pepaya sebagai masker? Selain rasanya yang enak, ternyata pepaya memiliki banyak manfaat juga untuk kulit. Pepaya mampu mengatasi masalah jerawat, melembabkan kulit dan lain-lain.

Dikarenakan manfaatnya, pepaya sudah tidak asing lagi dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk skincare.

Anda bisa memanfaatkan buah pepaya untuk wajah dengan mengonsumsi buah secara langsung atau menggunakan produk skincarenya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat pepaya untuk kulit dilansir dari cleanandclear.co.id, yaitu: 

1. Memudarkan bekas jerawat

Manfaat pepaya untuk wajah pertama adalah memudarkan bekas jerawat. Umumnya jerawat akan meninggalkan bekas berwarna kemerahan atau bahkan noda gelap, Pepaya bisa menjadi solusi untu mengatasi masalah tersebut.

Pepaya mengandung vitamin A yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan menenangkan kulit. Selain itu, adanya kandungan senyawa karpain, mampu membersihkan wajah dan juga mencegah munculnya jerawat kembali di wajah Anda. 

2. Melembabkan kulit

Manfaat pepaya untuk wajah selanjutnya yaitu melembabkan kulit. Bagi pemilik kulit kering, perawatan wajah berbahan pepaya bisa Anda gunakan sehari-hari.

Pepaya mengandung potassium yang dapat membantu untuk menghidrasi dan melembabkan kulit yang kering. Selain potassium, kandungan kalium di dalam pepaya juga membantu melembapkan kulit dan menyeimbangkan pH bagi tubuh.

Baca Juga: 4 Jenis Perawatan Kuku yang Bisa Dicoba, Kuku Sehat dan Cantik!

3. Mencegah penuaan dini

Selain melembabkan, pepaya juga dapat mencegah penuaan dini. Sel kulit mati yang menumpuk di wajah Anda, ternyata bisa membuat wajah terlihat kusam dan warna kulit tidak merata. Hal ini dikarena terhambatnya proses regenerasi kulit Anda.

Solusinya, Pepaya ternyata bisa membantu Anda mencegah penuaan dini. Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) di dalam pepaya, dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah

4. Mencegah pigmentasi pada wajah 

Manfaat pepaya untuk wajah lainnya adalah mencegah pigmentasi pada wajah. Pigmentasi adalah kondisi di mana adanya perubahan kulit wajah menjadi lebih gelap hanya di bagian tertentu.

Biasanya, hal ini bisa muncul di daerah pipi, bibir atas, dahi, dan dagu. Jika Anda mengalami masalah tersebut, buah Pepaya bisa membantu mencegah pigmentasi berlebih.

Pepaya dapat menghidupkan kembali melanosit yang menghasilkan warna kulit asli Anda. Konsumsi buah pepaya atau gunakan produk skincare berbahan pepaya untuk perawatan rutin wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News