Santai

Inilah 4 Manfaat Konsumsi Buah Pepaya yang Ternyata Baik Bagi Kesehatan

Inilah 4 Manfaat Konsumsi Buah Pepaya yang Ternyata Baik Bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Moms, inilah sederet manfaat buah pepaya yang baik bagi kesehatan. Simak yuk!

Pepaya merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di wilayah tropis. Dengan bentuk dan rasa yang khas ternyata buah pepaya juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

Buah pepaya merupakan buah yang mengandung banyak anti-oksidan dan juga bisa membantu mengatasi inflamasi atau pembengkakan serta banyak manfaat baik lainnya.

Baca Juga: Bahaya Mentega untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diwaspadai

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah pepaya yang baik bagi kesehatan.

Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya kesehatan usus dan pencernaan saja yang bisa diperbaiki dengan mengkonsumsi pepaya. Kesehatan kulit pun dapat diperbaiki dengan rutin mengkonsumsi pepaya dalam menu makanan harian.

Kandungan vitamin C dan juga lycopene pada pepaya dipercaya mampu untuk melindungi kulit dari kerusakan dan membantu mengurangi gejala penuaan kulit. Selain itu tinggi anti-oksidan pada pepaya mampu membuat kulit kembali menjadi sehat setelah terbakar matahari serta mengurangi risiko munculnya keriput pada kulit.

Menjaga kesehatan rambut

Pepaya merupakan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin A. Vitamin A memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan nutrisi rambut. 

Terutama dalam hal mengatur produksi sebum, kelembapan kulit kepala, dan menambah kekuatan pada pertumbuhan rambut. 

Baca Juga: Sudah Terbukti Secara Klinis, Ini Manfaat Nasi Merah untuk Kesehatan

Mencegah asma

Penyakit asma adalah penyakit yang memiliki kaitan dengan paru-paru dan pernafasan. Namun laman Medical News Today juga menjelaskan bahwa risiko untuk terjangkit penyakit asma bisa bertambah pada orang yang mengalami kekurangan nutrisi. 

Nutrisi yang dimaksud adalah beta carotene, yang banyak terkandung pada buah-buahan berwarna seperti pepaya, aprikot, dan sayur brokoli atau wortel.

Memperbaiki sistem pencernaan

Sudah bukan merupakan rahasia lagi bahwa buah pepaya bisa membantu untuk memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh. Orang-orang yang memiliki permasalahan pada pencernaan, kerap menggunakan pepaya sebagai salah satu obat alami untuk memperlancar pencernaan. 

Melansir dari laman Health Line, enzim papain pada pepaya memiliki peran penting yang dapat membuat protein menjadi mudah diserap tubuh. Sehingga buah pepaya bisa membuat seseorang terhindar dari konstipasi dan permasalahan usus lainnya, termasuk perut kembung.

Nah, itulah sederet manfaat buah pepaya yang ternyata berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News