Bugar

Inilah 4 Manfaat Daun Sirih untuk Perawatan Kulit

Inilah 4 Manfaat Daun Sirih untuk Perawatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Banyak sekali manfaat dari daun sirih untuk penggunaan sehari-hari. Daun sirih dikenal mampu merawat kesehatan area kewanitaan, sebagai obat tradisional bahkan dapat merawat kecantikan kulit.

Daun sirih juga mengandung senyawa yang ampuh mengatasi masalah kulit wajah, seperti jerawat, komedo, flek hitam dan lain-lain.

Jika Anda tertarik dengan perawatan kulit alami ini, berikut manfaat daun sirih untuk kulit, dilansir dari nose.co.id: 

1. Menyembuhkan jerawat meradang

Daun sirih mengandung senyawa anti-inflamasi yang bisa meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan peradangan pada jerawat.

Daun sirih memiliki minyak esensial di dalamnya, dimana dapat membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan daun sirih lalu mengoleskannya secara merata pada bagian wajah yang jerawatnya meradang. Untuk hasil yang optimal, gunakan daun sirih pada pagi dan sore hari. 

Baca Juga: Ketahui 4 Makanan yang Membuat Kulit Kusam, Apa Saja?

2. Mencegah komedo

Punya masalah dengan komedo? Daun sirih bisa menjadi perawatan alternatif alami buat masalah kulit Anda. Cara membuatnya, rebus daun sirih, lalu setelah air rebusan mendingin, pakai air rebusan tersebut dengan handuk bersih untuk membasuh wajah.

Dengan cara ini diharapkan komedo bisa keluar dengan sendirinya tanpa harus memencet komedo dengan tangan. Hindari memencet komedo dengan tangan karena hanya akan memperburuk kondisi wajah. 

3. Memudarkan flek hitam

Manfaat daun sirih untuk kulit selanjutnya adalah memudarkan flek hitam. Terdapat berbagai macam kandungan senyawa dalam daun sirih, di mana mampu membantu memudarkan warna kulit tidak merata yang disebabkan sinar ultraviolet, jerawat, pemakaian kosmetik dan memudarkan flek hitam.

Gunakan daun sirih yang sudah dihaluskan dan tambahkan air jeruk nipis. Kemudian, rendam handuk dan peraskan airnya. Pakailah handuk bersih untuk mengompres wajah dengan rendaman daun sirih ke bagian kulit wajah yang terdapat flek hitam dan bekas jerawat

4. Mengecilkan pori-pori wajah

Manfaat daun sirih untuk kulit lainnya yaitu mampu mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini dikarenakan daun sirih mempunyai kandungan senyawa antiseptik yang ada di dalamnya.

Caranya, yaitu haluskan terlebih dahulu daun sirih lalu oleskan daun sirih ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit dan bersihkan. Lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur agar anda bisa beristirahat dengan wajah terbebas dari krim malam apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News