Bugar

Inilah 4 Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Apa Saja?

Inilah 4 Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Pemilik kulit berminyak harus tahu beberapa hal yang harus dihindari supaya kulit tetap sehat dan cantik.

Kulit berminyak memiliki ciri-ciri, seperti penampilan wajah yang mengkilap, pori-pori wajah yang besar, dan kulit yang terlihat kasar.

Kulit berminyak tidak hanya disebabkan hormon bawaan, tetapi bisa jadi karena cara perawatan kulit wajah Anda. 

Agar tidak keliru, berikut empat hal yang harus dihindari pemilik kulit berminyak dilansir dari senka.id, yaitu: 

1. Membersihkan Wajah Secara Berlebih

Hal pertama yang harus dihindari pemilik kulit berminyak adalah membersihkan wajah secara berlebih. Terlalu sering membersihkan wajah juga tidak baik untuk kulit karena bisa mengganggu pH kulit.

Khususnya untuk Anda yang memiliki wajah berminyak, cukup membersihkan wajah ketika pagi, malam dan setelah Anda merasa sangat berkeringat. Setelah itu jangan lupa memakai pelembap wajah yang cocok ya, tentunya dengan bahan dasar air.

2. Hindari Oil Based Skincare

Pemilik kulit berminyak harus menghindari oil based skincare. Oil based skincare memang biasanya lebih ampuh dalam bekerja, tetapi buat pemilik kulit berminyak sebisa mungkin dihindari. Baiknya Anda memilih skincare dengan bahan dasar air.

Skincare dengan bahan dasar air biasanya lebih mudah menyerap ke kulit dan menghasilkan tampilan yang lebih matte sehingga mampu menahan kilap di wajah Anda.

Baca Juga: Simak Cara Memilih Produk Skincare Sesuai Jenis Kulit, Gimana?

3. Melakukan Retouch

Hal yang harus dihindari pemilik kulit berminyak selanjutnya adalah melakukan retouch. Saat Anda memakai makeup dalam waktu yang lama, hindari melakukan re-touch pada make up Anda.

Hal ini justru akan menumpuk make up dan menyumbat pori-pori yang bisa membuat wajah Anda makin berminyak ke depannya. Selalu bawa face blotting paper dalam tas Anda untuk jadi penyelamat daripada re-touch.

4. Hindari Konsumsi Lemak Berlebih

Terakhir, Anda juga harus menghindari konsumsi makanan lemak berlebih. Selain apa yang Anda pakai di wajah, ternyata makanan juga memiliki pengaruh besar pada kulit. 

Coba kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak atau melalui proses penggorengan. Sebaiknya mulai perbanyak juga konsumsi air putih dan buah-buahan yang kaya air. 

Na, itulah empat hal yang harus dihindari oleh pemilik kulit berminyak. Setiap jenis kulit memiliki perawatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kenali jenis kulit wajah Anda dan rawat dengan tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News