HOME, Bugar

Inilah 4 Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban secara Alami

Inilah 4 Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban secara Alami

MOMSMONEY.ID - Rambut beruban bisa dialami oleh siapa saja, terutama orang dewasa yang memasuki usia 40 tahun ke atas. Namun, rambut beruban tidak menutup kemungkinan bisa dialami saat usia muda.

Melansir dari wikipedia, uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. 

Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Oleh karena itu, ada beberapa cara alami yang dipercaya dapat mengatasi rambut beruban. Jika anda tertarik mencobanya di rumah, berikut penjelasannya dilansir dari indonesianbeautyheritage.com, yaitu:

1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu sering anda jumpai dipekarangan halaman rumah. Kembang sepatu memiliki bentuk bunga yang cantik dan bergam warna. Ternyata kembang sepatu mempunyai manfaat yang bagus untuk rambut yaitu dapat mengembalikan warna alami rambut dan menutrisi rambut. Berikut cara membuat kondisioner rambut dari kembang sepatu, yaitu:

  • Cuci terlebih dahulu 5 tangkai kembang sepatu
  • Selanjutnya haluskan kembang sepatu 
  • Tambahkan 2 sdm madu 
  • Gunakan kondisioner kembang sepatu setelah keramas 3x seminggu.

2. Jintan Hitam

Cara mengatasi rambut beruban dengan bahan jintan hitam. Jintan hitam mempunyai manfaat untuk menghitamkan rambut secara alami. Anda bisa mencoba ramuan jintan hitam ini di rumah dengan cara haluskan jintan hitam dan tambahkan air secukupnya.

Buat sampai teksturnya menjadi pasta. Oleskan pada rambut sebagai kondisioner. Anda bisa menggunakan kondisioner ini setelah keramas setiap 3x seminggu.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Produk Skincare untuk Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

3. Kelabat

Selanjutnya, kelabat dipercaya dapat mengatasi rambut beruban.  Biji kelabet adalah biji yang berasal dari tumbuhan kelabet yang sering digunakan sebagai obat atau bumbu dapur. Anda bisa membuat ramuan sederhana untuk mengatasi rambut beruban dengan cara, yaitu:

Campurkan kelabet dengan gel lidah buaya dengan perbandingan 1:1 kemudian oleskan ke rambut anda selama 10 menit sebelm tidur. Anda bisa menggunakan cara ini setiap 3x seminggu. 

4. Daun Henna

Cara mengatasi rambut beruban secara alami lainnya yaitu dengan daun henna. Daun henna tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kuku, tetapi mampu mengatasi rambut beruban. Anda bisa membuat ramuan daun henna di rumah dengan cara, yaitu:

Haluskan daun henna dan campurkan dengan minyak kelapa secukupnya hingga membentuk seperti pasta. Selanjutnta oleskan ke rambut semalaman. Gunakan cara ini setiap 2x seminggu, agar mendapatkan hasil yang anda inginkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News