CLOSE [X]
ads

Inilah 4 Cara Mudah Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Reporter: Rizka Noveliana
Kamis, 13 Januari 2022 | 15:06 WIB
Inilah 4 Cara Mudah Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

ILUSTRASI. Inilah 4 Cara Mudah Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak


MOMSMONEY.ID - Saat mengalami skin barrier yang rusak, Anda harus segera memperbaikinya agar kulit bisa kembali normal.

Skin barrier adalah lapisan kulit yang berfungsi sebagai pelindung paling luar pada kulit agar terjaga dari kerusakan.

Saat skin barrier Anda yang rusak, tentunya kondisi kulit sedang tidak baik. Ciri skin barrier rusak bisa dengan kulit menjadi bersisik dan mengalami kekeringan ekstrim.

Oleh karena itu, ada beberapa cara mudah memperbaiki skin barrier dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

1. Menghidrasi kulit

Cara mudah memperbaiki skin barrier yang rusak pertama adalah dengan menghidrasi kulit. Menghidrasi kulit paling mudah dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

Meminum air putih dapat membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik dan hal tersebut akan memperbaiki skin barrier perlahan-lahan.

Selanjutnya, Anda juga memerlukan moisturizer untuk kulit wajah setiap hari agar tingkat kelembapan tetap terjaga.

Dengan melakukan dua hal tersebut, maka kondisi kulit kering ekstrim pun dapat kembali kesegarannya pada wajah secara perlahan.

Pilihlah produk moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Moisturizer bahan dasar air untuk jenis kulit berjerawat, bahan dasar minyak alami untuk kulit kering dan kombinasi.

2. Gunakan skincare efek soothing & calming

Cara mudah memperbaiki skin barrier yang rusak selanjutnya yaitu gunakan skincare efek soothing & calming.

Pada beberapa kasus, efek dari skin barrier yang rusak dapat mengakibatkan kulit mengelupas, kulit kering ekstrim, dan timbulnya jerawat meradang.

Meningkatnya efek sensitif dari skin barrier yang rusak dapat diperbaiki dengan mengaplikasikan skincare berbahan dasar tea tree oil, centella aciatica, dan hyaluronic acid, supaya bisa memberikan rasa tenang dan sejuk pada kulit.

Baca Juga: Inilah Manfaat Kombucha untuk Kulit, Sudah Tahu?

3. Hindari eksfoliasi

Selanjutnya, Anda juga perlu menghindari eksfoliasi wajah saat skin barrier rusak. Sebaiknya, tunggu sampai kulit wajah sudah benar-benar tenang, barulah Anda boleh melakukan eksfoliasi kembali.

Asalkan, ekfoliasi dilakukan satu bulan sekali, menggunakan produk yang tepat, dan tidak terlalu kasar menyentuh kulit wajah, maka skin barrier akan tetap terjaga kesehatannya.

4. Hindari riasan wajah sementara

Cara mudah memperbaiki skin barrier yang rusak terakhir yaitu hindari riasan wajah sementara. Selain produk skincare, Anda juga harus menghindari make up yang tebal.

Hal ini dilakukan agar menghindari penyumbatan pori-pori pada wajah. Saat pori-pori tersumbat, maka skin barrier makin terhalang memperbaiki dirinya sendiri.

Aplikasikan saja sunscreen, moisturizer, dan bedak padat yang sudah memiliki kandungan foundation tipis-tipis supaya kulit wajah juga tidak terlalu tampak kusam.

Kemudian, jangan lupa segera membersihkan sisa-sisa make up dan debu yang menempel dengan menggunakan cleansing milk sebelum membasuh wajah dengan sabun muka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru