HOME, Bugar

Inilah 4 Cara Merawat Kulit Mengkilat, Gunakan Selalu Pelembab

Inilah 4 Cara Merawat Kulit Mengkilat, Gunakan Selalu Pelembab

MOMSMONEY.ID - Saat siang hari, wajah Anda terlihat sangat mengkilat di area dahi. Tentunya, hal tersebut dapat menurunkan kepercayaan diri Anda. Munculnya kulit mengkilat dan berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. 

Pada area - T wajah Anda, biasanya kelenjar sebaceous akan memproduksi minyak berlebih. Kulit mengkilap juga akan semakin lebih di musim panas ketika Anda berkeringat lebih banyak dan minyak lebih cenderung mengumpul di kulit.

Namun, bagi Anda yang memiliki kulit mengkilap mempunyai kecenderungan untuk menua lebih lambat dibandingkan dengan kulit kering. Melansir dari olay.co.id, ada beberapa cara untuk merawat kulit mengkilap. Sehingga Anda masih bisa mengontrol produksi sebum di wajah. Yuk, cari tahu di bawah ini :

1. Mencuci Muka

Mencuci muka 

Cara merawat kulit mengkilat pertama dengan mencuci muka dua kali sehari. Pilihlah pembersih yang mengandung kaolin, yaitu lumpur yang dapat membantu meminimalisir kulit mengkilap, atau kekuatan pembersihan yang ampur seperti masker.

Jangan lakukan untuk mencuci wajah setiap kali wajah terlihat mengkilap. Karena membersihkan wajah terlalu sering dapat menjadi boomerang bagi kulit, yaitu pori-pori akan menghasilkan lebih banyak minyak.

2. Gunakan Toner

Double cleansing

Cara merawat kulit mengkilat selanjutnya adalah Anda perlu menggunakan toner. Gunakan toner yang mengandung witch hazel. Karena hal ini membantu menghilangkan minyak berlebih bersama dengan kotoran dan makeup tanpa mengupas kulit Anda dari kelembaban yang penting.

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Sunflower Oil untuk Perawatan Kulit Wajah

3. Gunakan Pelembab Mengandung SPF

Sunscreen

Selain toner, Anda juga perlu mengoleskan pelembab yang mengandung SPF ke wajah. Sebab, hal tersebut membantu menggantikan kelembaban yang hilang sewaktu membersihkan wajah. Di pagi hari, aplikasikan pelembab yang berbasis air, bebas minyak serta mengandung SPF spektrum luas untuk menjaga kulit terhidrasi dan terlindung dari sinar matahari.

4. Gunakan Pelembab Malam Hari

Skincare

Cara merawat kulit mengkilat lainnya adalah dengan menggunakan pelembab pada malam hari.  Menggunakan pelembab di malam hari sama pentingnya. Pilihlah formula yang non-komedo untuk membantu menjaga pori-pori tetap bersih sehingga kulit Anda terlihat sehat dan terhidrasi. Atau coba gunakan pelembab gel yang mengandung bubuk untuk hidrasi dengan finishing kulit yang matte.

Selanjutnya: Cocok untuk Kulit Sensitif, 5 Manfaat Minyak Biji Anggur Buat Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News