Bugar

Inilah 4 Cara Menurunkan Demam Tanpa Perlu ke Dokter

Inilah 4 Cara Menurunkan Demam Tanpa Perlu ke Dokter

MOMSMONEY.ID - Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas suhu normal. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya, selama suhu tubuh tidak mencapai 40°C atau lebih.

Jika Anda ataupun orang terdekat mengalami demam, maka ada baiknya Anda tetap terhidrasi, karena semua orang dengan penyakit apa pun membutuhkan asupan cairan dan elektrolit.

Kemudian, hal lain yang tidak boleh diabaikan adalah durasi demam tersebut, karena ini bisa menjadi indikasi penyakit tertentu.

Dilansir dari Web MD, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam tanpa perlu ke dokter, antara lain: 

Baca Juga: Terasa Tidak Nyaman, Inilah 5 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Alami

Kompres air hangat

Anda juga bisa menggunakan kompres air hangat untuk membantu menurunkan demam dengan cepat. Rendam kain bersih yang lembut menggunakan air hangat pada suhu 29–30⁰C.

Setelah itu, peras dan letakkan di dahi Anda. Anda juga disarankan untuk menggunakan pakaian tipis dan nyaman, selain itu sebisa mungkin atur suhu ruangan bersuhu sedang.

Konsumsi obat

Bila beberapa cara sebelumnya tidak memberikan perubahan, Anda bisa mengonsumsi obat untuk menurunkan demam.

Jika dibandingkan dengan tiga cara sebelumnya, obat umumnya bisa menurunkan demam dengan lebih cepat.

Beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan demam dengan cepat antara lain asetaminopen (paracetamol) atau ibuprofen.

Tetap di tempat tidur dan istirahat

Demam bisa jadi adalah upaya proteksi tubuh melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Beristirahat yang cukup bisa menjadi salah satu cara “membantu” tubuh merawat virus yang masuk.

Kalau tubuh terlalu banyak beraktivitas ketika mengalami demam, maka akan membuat daya tahan tubuh semakin menurun, sehingga memperlambat proses penyembuhan.  

Baca Juga: Catat! Ini 5 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Konsumsi makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga sangat disarankan selama demam. Sebisa mungkin konsumsi makanan yang tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan.

Semakin baik sistem imun tubuh, maka semakin cepat Anda pulih dari demam. Namun, hindari mengonsumsi makanan yang sekiranya sulit dicerna karena biasanya sistem pencernaan akan sedikit melemah.

Namun, jika cara menurunkan demam dengan cepat di atas tidak berhasil, atau jika demam Anda diikuti dengan berbagai gejala yang telah disebutkan di atas, Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News