HOME, Bugar

Inilah 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Inilah 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

MOMSMONEY.ID - Setelah jerawat sembuh, kini munculnya bekas jerawat yang menghitam. Bekas jerawat jenis ini dikenal dengan Post Inflamatory Hiperpigmentation (PIH). Bekas jerawat ini memberikan tampilan kulit berwarna cokelat atau cokelat gelap.

Seringnya bekas jerawat menghitam ini cukup lama bertahan dikulit Anda. Oleh karena itu, Anda membutuhkan perawatan khusus untuk mengembalikan warna asli kulit. Mengutip dari evamuliaclinic.com, berikut cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam, yaitu:

1. Vitamin C

Vitamin C adalah kandungan yang ampuh menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Vitamin C didapatkan dari konsumsi air jeruk lemon karena dipercaya dapat mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang hitam. Selain itu, pemilihan produk skincare yang berbahan vitamin C juga bisa Anda gunakan.

Akan tetapi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan kering, disarankan untuk tidak meminum jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam karena rentan terhadap iritasi.

2. Lidah Buaya

Selanjutnya, cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak manfaat terutama untuk kulit, termasuk untuk menghilangkan bekas jerawat penyebab komedo. Selain itu, flek hitam juga bisa memudar karena kandungannya yang bisa mencerahkan kulit.

Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Memencet Jerawat! Bisa Picu Masalah Baru, Loh!

3. Ekstrak Biji Anggur

Mungkin masih cukup asing terdengar, ekstrak biji anggur dipercaya mampu menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang diminum selama 6 bulan bermanfaat bagi penderita melasma, yang mirip dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

4. Tabur Surya

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam lainnya adalah dengan tabir surya. Menggunakan tabir surya secara rutin dipercaya mampu menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat dikarenakan kandungan di dalamnya. 

Oleh karena itu, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, baik hari mendung maupun panas. Cara ini akan membantu mencegah lebih banyak kerusakan pada kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News