Bugar

Inilah 4 Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering dan Teriritasi, Gimana?

 Inilah 4 Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering dan Teriritasi, Gimana?

MOMSMONEY.ID - Bisa Anda coba, inilah beberapa cara mengatasi masalah kulit kering dan teriritasi. Tentunya masalah kulit ini membuat Anda merasa tidak nyaman, tidak percaya diri dan aktivitas pun jadi terganggu. 

 Penyebabnya pun terkadang sepele, bisa berasal dari keringat, bahan pakaian yang memicu gatal, hingga suhu udara yang dingin.

Namun, masih ada cara untuk mengatasinya. Berikut empat cara mengatasi masalah kulit kering dan teriritasi dengan mudah dilansir dari natur-e.co.id

1. Menggunakan Produk Pembersih yang Lembut

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan produk pembersih yang lembut. Sabun, sampo bahkan deterjen dapat menghilangkan minyak alami pada kulit.

Artinya, penggunaan produk yang mengandung formula keras ini dapat menguras kelembapan dan bikin kulit jadi makin kering dan rentan teriritasi. Untuk menjaga kulit tetap lembap, hindari produk yang mengandung sabun dan pewangi yang kuat, karena dapat memicu alergi pada kulit sensitif.

2. Hindari Menggaruk Kulit yang Gatal

Cara mengatasi masalah kulit kering dan teriritasi selanjutnya adalah hindari menggaruk kulit yang gatal. Gatal yang disebabkan oleh iritasi membuat Anda ingin terus menggaruknya.

Memberikan sensasi lega, sayangnya hal ini justru bikin kondisi kulit jadi makin parah. Selain rentan menimbulkan luka, bekas garukan pun bisa mengalami infeksi.

Begitu juga saat mandi atau mencuci tangan, hindari menggosok kulit terlalu kuat dengan handuk, lap atau spons. Sebagai gantinya, tepuk lembut atau usap perlahan untuk menyisakan sedikit kelembapan pada kulit.

Jika gatal mulai menyebabkan ketidaknyamanan, coba siapkan kantong plastik berisi es batu yang dibungkus kain lembap. Kompres dingin kulit yang teriritasi selama 15 menit lalu tepuk lembut kulit hingga kering.

Baca Juga: Promo Traveloka 20 Maret-9 April 2023, Diskon Tiket Bus & Shuttle Pakai Paylater

3. Jangan Mandi dengan Air Panas

Berikutnya, hindari mandi dengan air panas. Kebiasaan ini dapat menghilangkan kelembapan alami dan memicu reaksi pada kulit sensitif Anda.

Sebaiknya, gunakan air hangat dan batasi waktu mandi tidak lebih dari 10 menit. Lebih lama dari itu, minyak alami pada kulit akan terkikis dan memicu kulit jadi sangat kering.

4. Segera Oleskan Pelembap

Cara mengatasi masalah kulit kering dan teriritasi lainnya adalah segera oleskan pelembap setelah mandi atau mencuci tangan. Hal ini bertujuan untuk mengunci kelembapan alami kulit

Pilihlah produk yang mampu mengembalikan kehalusan kulit Anda agar tidak memperparah iritasi yang dialami kulit sensitif Anda. Pilih lotion berbahan vitamin E yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

Selain membantu regenerasi kulit, juga mampu mengatasi kemerahan serta menjaga kulit tetap lembap.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah kulit kering dan teriritasi yang bisa Anda lakukan. Rawat kesehatan kulit wajah dan tubuh mulai dari sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News