Inilah 4 Cara Mengatasi Kuku Kuning Akibat Kuteks Secara Alami

Reporter: Rizka Noveliana
Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:27 WIB
Inilah 4 Cara Mengatasi Kuku Kuning Akibat Kuteks Secara Alami

ILUSTRASI. Inilah 4 Cara Mengatasi Kuku Kuning Akibat Kuteks Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Kuku kuning bisa disebabkan dari penggunaan kuteks. Kutek memang membuat kuku Anda terlihat cantik dan indah, namun jika dilakukan secara terus menerus dan tidak ada jeda, maka kuku alami Anda akan berubah warna. 

Kuku mempunyai pori-pori dan dapat menyerap pigmen warna yang terkandung pada cat kuku, sehingga bisa membuat warna kuku Anda menjadi kuning dan tampak tidak sehat. Jika Anda terlanjur memiliki kuku tersebut, segera untuk diatasi. 

Melansir dari klinikrumahcantik.id, cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan jeda untuk kuku Anda beristirahat. Sehingga, secara perlahan warna alami kuku dapat muncul kembali. Selanjutnya, Anda juga perlu menghaluskan kuku dengan pengikir kuku. 

Disarankan meneteskan minyak lavender atau jus lemon di kuku dan gosok permukaannya dengan tongkat buffer. Selanjutnya di lap dengan lembut dan lakukan cara ini dengan rutin hingga hasilnya terlihat. Selain itu, ada beberapa cara lagi untuk mengatasi kuku kuning akibat kuteks. 

Caranya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Masih bersumber dari klinikrumahcantik.id, inilah cara mengatasi kuku kuning akibat kuteks secara alami, yaitu :

1. Jus Lemon

Anda bisa mengatasi kuku kuning akibat kuteks dengan bahan jus lemon. Caranya tidak sulit yaitu tuangkan perasan air lemon dari satu buah lemon besar ke dalam wadah, dan rendam kuku Anda di dalamnya selama beberapa menit.

Selanjutnya, gosok permukaan kuku dengan sikat gigi bulu halus dengan perlahan. Kemudian, bilas hingga bersih. Akhiri dengan pijat kuku Anda dengan minyak kutikel.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Kondisioner Rambut yang Harus Anda Ketahui

2. Jus Lemon dan  Baking Soda

Jika Anda menyimpan baking soda, Anda bisa campurkan jus lemon dengan baking soda hingga menjadi pasta halus. Dengan menggunakan cotton bud bersih, lumuri permukaan kuku Anda dengan pasta tersebut.

Pijat dan diamkan selama tiga menit. Bilas bersih dan pijat kuku jari dengan hand cream atau minyak kutikel. Anda bisa mengulangi treatment ini pada kuku kuning setiap 4-6 minggu sekali.

3. Kulit Jeruk

Cara mengatasi kuku kuning akibat kuteks selanjutnya dengan kulit jeruk. Jangan buru-buru membuang kulit jeruk, Anda bisa menggosokkan kulit jeruk langsung ke permukaan kuku Anda. 

Cara lainnya yaitu Anda bisa membuat pasta halus dari kulit jeruk yang sudah dikeringkan dan ditumbuk halus, kemudian campur dengan sedikit air. Aplikasikan pasta jeruk langsung di kuku anda. Bilas bersih dan oleskan minyak kutikel. Lakukan perawatan kuku ini secara rutin agar terhindar dari kuku kuning.

4. Cuka Apel

Cuka apel juga dipercaya mampu mengatasi kuku kuning akibat kuteks. Manfaat cuka apel tidak hanya mengeliminasi warna kuku kuning Anda, cairan ini juga akan menyingkirkan bakteri yang menyebabkan infeksi di kuku Anda.

Cukup rendam kuku anda dalam 1/2 cangkir cuka apel selama 20 menit dan keringkan hingga bersih. Lakukan perawatan kuku ini tiga kali sehari selama sebulan.

Selanjutnya: Ini 6 Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Penuaan Secara Alami

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru