HOME, Bugar

Inilah 4 Cara Memanjangkan Bulu Mata dan Alis Secara Alami

Inilah 4 Cara Memanjangkan Bulu Mata dan Alis Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Mau memanjangkan bulu mata? Mungkin cara-cara alami di bawah ini bisa Ada terapkan dari rumah. Memiliki bulu mata dan alis panjang tebal adalah impian banyak perempuan. Bulu mata dan alis yang cantik dapat meningkatkan keprcayaan diri seseorang. 

Hal ini dikarenakan memang ada yang terlahir memiliki bulu mata dan alis yang tipis, sehingga berusaha untuk membuatnya panjang. Jika Anda tertarik ingin mencoba, simak penjelasan tentang cara memanjang bulu mata dan alis secara alami bersumber dari loreal-paris.co.id, yaitu: 

1. Menutrisi dengan Serum

Pertama, cara memanjangkan bulu mata dan alis yang bisa Anda lakukan dengan produk serum. Serum ini memberi klaim dapat membantu menumbuhkan dan menyuburkan helaian bulu mata dan alis, bahkan ada yang mengklaim dapat memberi manfaat sebagai cara memanjangkan bulu mata dengan cepat.

Serum umumnya mengandung konsentrat bahan-bahan yang dapat membantu pertumbuhan bulu mata dan alis. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu diaplikasikan lalu dipijat lembut. Pijatan ini akan membantu darah mengalir dengan lancar di area yang dipijat, sehingga dapat mengantarkan nutrisi dari makanan untuk pertumbuhan bulu mata dan alis yang optimal

2. Menggunakan Minyak Tumbuhan

Selain serum, dahulu menggunakan minyak tumbuhan juga bisa memanjangkan bulu mata dan alis. Minyak tumbuhan yang cukup sering digunakan, seperti minyak kelapa, zaitun, castor (jarak), kemiri, argan, almon, tea tree, dan lavender termasuk dalam kelompok minyak-minyak ini.

Sebenarnya minyak-minyak ini belum terbukti secara ilmiah dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu mata dan alis, tapi karena telah digunakan secara turun-temurun, maka banyak yang meyakini manfaat tersebut memang nyata.

Sebagai cara memanjangkan bulu mata dan alis, penggunaan minyak tumbuhan umumnya serupa, yaitu dioleskan di alis dan di dekat akar bulu mata, lalu dipijat dengan gerakan menepuk-nepuk lembut agar meresap. Minyak tumbuhan juga dapat dioleskan ke helaian bulu mata untuk membantu melembapkannya agar tidak mudah patah.

Baca Juga: 4 Jenis Olahraga untuk Merawat Kecantikan Kulit, Apa Saja?

3. Merawat dengan Baik

Cara memanjangkan bulu mata dan alis selanjutnya adalah merawat dengan baik. Pentingnya untuk membersihkan bulu mata dan alis setiap hari, terutama jika Anda menggunakan produk makeup mata.

Bersihkan dulu bulu mata dan alis menggunakan eye makeup remover sampai tak ada sisa makeup yang menempel, baru kemudian aja cuci wajah menggunakan facial wash. Bersihkan bulu mata dan alis secara lembut agar tidak membuat helaian bulunya rontok.

Selain itu, sikat bulu mata dan alis sesekali dengan sikat atau spoolie yang lembut. Sama seperti di kulit kepala, menyikat alis secara rutin dapat membantu menghilangkan kotoran di kulit di bawah alis sekaligus memberi pijatan ringan.

Sedangkan menyikat bulu mata secara rutin dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel sekaligus meratakan minyak alami yang diproduksi kulit ke helaian bulu mata.

4. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Terakhir, menjalani gaya hidup sehat juga ikut andil dalam perawatan bulu mata dan alis. Pola makan yang sehat menjadi cara memanjangkan bulu mata dan alis secara alami yang harus Anda terapkan.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin D dan Vitamin B kompleks, termasuk biotin (Vitamin B7), yang disebut dapat mencegah kerontokan rambut dan menyuburkan pertumbuhan rambut.

Selain itu, mengurangi stres dapat membantu memastikan pertumbuhan bulu mata dan alis tak bermasalah. Saat seseorang dilanda stres, maka hormon corticosterone jumlahnya akan meningkat dan ikut mempengaruhi pertumbuhan rambut sehingga siklusnya berubah.

Walau penelitian dilakukan pada rambut, tapi para ahli menyatakan bahwa pertumbuhan bulu mata dan alis juga dapat terpengaruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News