HOME, Bugar

Inilah 4 Buah yang Mengandung Kolagen untuk Kecantikan Kulit

Inilah 4 Buah yang Mengandung Kolagen untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Kolagen menjadi salah satu usur penting di dalam tubuh manusia khususnya pada kulit. Seiring bertambahnya usia, kolagen alami di dalam tubuh akan mengalami penurunan. Sehingga, Anda perlu menjaga kolagen alami dan menambahkannya dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. 

Pada buah-buahan, ada beberapa buah yang dipercaya mampu merawat kolagen untuk kulit. Agar anda tidak mengalami penuaan dini dan tetap menjaga kesehatan. Anda perlu mengonsumsi buah-buahan di bawah ini, yaitu:

1. Jambu Biji

Daun dan buah jambu biji

Buah yang mengandung kolagen yaitu Jambu Biji. Buah tropis ini mengandung zinc dan mineral penting untuk mendukung pembentukan kolagen di dalam tubuh. 

Buah tropis lainnya yang bisa memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit adalah nanas, mangga, dan juga kiwi.

Anda dapat mengolah jambu biji mejadi minuman jus atau mengonsumsinya secara langsung.

2. Jeruk 

Jeruk

Selanjutnya, jeruk juga mengadung kolagen yang bagus untuk kulit. Vitamin C yang dimilikinya dapat berperan dalam memproduksi kolagen dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan anda mengonsumsi vitamin C yang cukup setiap harinya. 

Contohnya, saat anda mengonsumsi buah jeruk. Dalam satu buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 70 miligram vitamin C. Nutrisi ini akan membantu menunjang asam amino selama produksi kolagen. 

Baca Juga: Mengenal 5 Manfaat Blewah untuk Kesehatan Tubuh

3. Alpukat

Buah dan daun alpukat

Buah yang mengadung kolagen selanjutnya yaitu Alpukat. Alpukat mengandung asam omega -3 kaya vitamin E yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C di dalamnya.

Selain mencegah penuaan dini, vitamin E dan C berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit, serta mengurangi peradangan kulit. Dengan berkurang peradangan kulit, maka masalah jerawat pun juga dapat diatasi oleh buah alpukat.

4.Buah Berry

Buah berry

Buag berry juga mengandung kolagen yang bagus untuk kulit. Selain jeruk, jenis buah-buahan beri adalah salah satu sumber vitamin C lainnya yang bagus untuk kulit.

Buah beri yang dimaksud seperti raspberry, blueberry, dan blackberry yang juga memiliki kandungan vitamin C tinggi. 

Buah-buahan beri ini juga mengandung antioksidan tinggi, sehingga turut berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat dari radikal bebas. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak & Berjerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News