HOME, Bugar

Inilah 4 Bahan Rumahan yang Dapat Memperburuk Jerawat

Inilah 4 Bahan Rumahan yang Dapat Memperburuk Jerawat

MOMSMONEY.ID - Bahan rumahan cukup sering dijadikan sebagai bahan perawatan kecantikan. Banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan untuk membuat kulit cantik dan sehat. Namun, Anda harus selalu berhati-hati menentukan bahan atau produk saat akan merawat kulit.

Ada beberapa bahan rumahan yang dipercaya bisa mengatasi masalah jerawat seperti pasta gigi dan cuka apel. Tetapi bahan-bahan tersebut ternyata malah bisa menambah masalah baru untuk kulit Anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan empat bahan rumahan yang bisa memperburuk jerawat dilansir dari natur-e.co.id, yaitu: 

1. Pasta gigi

Bahan rumahan yang bisa memperburuk jerawat pertama adalah pasta gigi. Pasta gigi dipercaya mampu mengempeskan jerawat dalam semalam. Walau mungkin ada beberapa bahan yang bisa membantu mengecilkan bintik memerah, tapi cara ini tidak sebanding dengan risikonya.

Hanya mengeringkan jerawat untuk sementara, tapi efek jangka panjangnya bikin kulit Anda kemerahan dan bersisik. Kemudian, penggunaan pasta gigi berfluoride pada kulit juga dapat memicu dermatitis perioral. Ruam pada kulit ini tampak seperti benjolan kecil berwarna merah, berisi nanah yang bermunculan di sekitar mulut. Duh, berbahaya ya. 

Baca Juga: Pahami Cara Perawatan Wajah Secara Alami Sebelum Tidur, Jangan Lewatkan!

2. Cuka apel

Bahan rumahan yang bisa memperburuk jerawat selanjutnya adalah cuka apel. Cuka apel cukup sering direkomendasikan sebagai bahan baku kesehatan dan kecantikan kulit. Mulai dari toner alami untuk kulit berminyak, membantu menyeimbangkan pH kulit, hingga membasmi bakteri penyebab jerawat. 

Mengandung asam asetat dan asam malat yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, nyatanya cuka apel tidak mampu menghilangkan jerawat. Malahan bisa muncul masalah kulit lainnya seperti mengiritasi kulit hingga kemerahan, meninggalkan residu lengket, hingga iritasi apalagi jika menggunakannya tanpa diencerkan terlebih dahulu.

3. Baking Soda

Selanjutnya baking soda, baking soda biasanya digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Walaupun dikabarkan bisa mengeringkan jerawat dengan cepat, ternyata baking soda bisa membuat kulit Anda menjadi kering dan iritasi. 

Punya pH 9 sementara pH alami kulit hanya 5,5, bahan alami ini dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Apalagi pada kulit berminyak atau kulit kombinasi, produksi sebum akan semakin banyak dan memicu lebih banyak jerawat dan kulit kusam.

4. Campuran Madu-Kayumanis

Bahan rumahan lainnya yang bisa memperburuk jerawat adalah campuran madu-kayumanis. Bahan madu dan kayumanis dikenal sebagai antibakteri yang dipercaya mampu mengatasi jerawat. Namun ternyata kombinasi dua bahan alami ini bukan obat bagi jerawat tapi lebih bermanfaat untuk merawat kulit kering atau mengatasi luka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News