HOME, Bugar

Inilah 4 Bahan Makanan yang Bisa Memicu Penyakit Kanker

Inilah 4 Bahan Makanan yang Bisa Memicu Penyakit Kanker

MOMSMONEY.ID - Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh perubahan sifat genetik di dalam sel tubuh.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya perubahan ini adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan instan, makanan berlemak, dan minuman beralkohol, dikutip dari Cancer Care.

Menurut beberapa penelitian, makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan risiko berkembangnya kanker di dalam tubuh, terutama jika dikonsumsi terlalu sering. 

Beberapa bahan makanan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan obesitas, yang berhubungan dengan jenis kanker tertentu.

Baca Juga: Kenali 5 Gejala Kanker Darah yang Perlu Anda Waspadai

Sedangkan, Mengutip dari Cancer Care dan Healthline, beberapa makanan lainnya mengandung karsinogen yaitu zat berbahaya penyebab kanker. Berikut adalah beberapa bahan makanan yang bisa memicu kanker, yaitu:

1. Minyak terhidrogenasi (minyak nabati)

Bahan kimia ditambahkan yang menghasilkan tingkat asam lemak omega-6 yang lebih tinggi yang menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Untuk menyeimbangkannya, konsumsi suplemen omega-3 harian dalam makanan. 

2. Gula rafinasi

Gula rafinasi akan melonjak dan meningkatkan kadar insulin. Fruktosa dan high-fructose corns syrup(HFCS) adalah pemanis umum yang murah yang digunakan sebagai bahan banyak makanan.

Sel kanker memetabolisme dan tumbuh pesat dengan gula ini. Kue, pai, biskuit, soda, jus, saus, dan sereal merupakan beberapa makanan yang mengandung gula ini. 

3. Tepung putih olahan

Pabrik pengolahan tepung akan memutihkan tepung dengan bahan kimia yang disebut gas klorin untuk membuat tepung lebih putih.

Tepung putih olahan memiliki tingkat glikemik lebih tinggi yang meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Kanker di seluruh tubuh akan tumbuh subur dan berkembang dengan kadar gula darah yang tinggi. 

Baca Juga: Waspada! Sering Batuk Darah Bisa Jadi Gejala Kanker Paru

4. Makanan yang sangat asin

Makanan yang sangat asin, diasinkan, atau diasapi mengandung nitrat. Makanan ini bertindak sebagai pengawet sekaligus menambah warna pada bahan makanan.

Namun, tubuh mengubahnya menjadi N-nitroso yang dikaitkan dengan peningkatan kanker yang lebih besar. Contoh makanan ini, yaitu daging asam dan acar. 

Untuk mencegah dan mengurangi risiko terkena kanker, penting untuk menjalani pola hidup sehat dan menjauhi makanan dan minuman pemicu kanker.

Rutin mengonsumsi makanan sehat seperti makanan berserat dan makanan yang kaya akan antioksidan, rajin berolahraga, berhenti merokok. 

Jangan lupa juga untuk rutin menjalani pemeriksaan kesehatan (medical check up) ke dokter secara berkala merupakan langkah pencegahan kanker yang dapat dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News