Bugar

Inilah 4 Bahan Alami yang Sering Dijadikan Masker Rambut

Inilah 4 Bahan Alami yang Sering Dijadikan Masker Rambut

MOMSMONEY.ID - Rambut tentu sangat perlu dirawat supaya penampilan tetap cantik. Selain pemakaian sampo dan kondisioner, rambut juga perlu menggunakan masker rambut. Masker rambut kini sudah banyak terjual di pasaran dengan berbagai bahan alami sesuai dengan kebutuhan rambut. Lebih jelasnya, berikut empat bahan alami yang sering dijadikan masker rambut dilansir dari realfood.co.id, yaitu: 

1. Minyak Kelapa

Bahan alami pertama yang sering dijadikan masker rambut adalah minyak kelapa. Bahan alami ini berfungsi untuk memperbaiki kerusakan rambut dengan menjaga kelembapan rambut dan membuatnya berkilau. Kemudain, minyak kelapa juga dapat mengobati kulit kepala kering, dan gatal karena memiliki kandungan antibakteri. Caranya cukup mudah, Anda cukup mengoleskan virgin coconut oil (VCO) sebelum keramas selama 30 menit. Lalu keramas dan pastikan rambut Anda sudah bersih. 

2. Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya untuk masker rambut, yaitu lidah buaya. Bahan alami ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan iritasi kulit kepala, termasuk ketombe. Lidah buaya juga dapat membantu melembapkan dan memperkuat rambut kering. Masker lidah buaya dapat digunakan secara rutin untuk pemilik rambut berminyak maupun kering. Selain itu, lidah buaya juga mampu melembutkan dan membuat rambut tampak berkilau. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Acne Patch yang Cepat Mengempeskan Jerawat, Wajib Coba!

3. Madu

Berikutnya, madu juga termasuk bahan alami yang sering dijadikan masker rambut. Madu bermanfaat untuk melembabkan dan melindungi kutikula rambut. Sifat antibakteri yang ada dalam madu berguna membersihkan kulit kepala dari ketombe dan menyeimbangkan pH. Caranya, cukup campurkan 2 sdm madu dan 1 sdm minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan pada akar rambut dan batang, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas bersih dengan air dan shampoo.

4. Minyak Zaitun 

Bahan alami terakhir yang bisa Anda coba adalah minyak zaitun. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun di malam hari atau 30 menit sebelum keramas untuk memperbaiki rambut yang kering, kusam, bercabang, dan tidak rontok. Minyak zaitun kayak akan vitamin yang mampu menjaga kesehatan rambut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News