HOME, Bugar

Inilah 4 Bahan Alami yang Bisa Memudarkan Flek Hitam di Wajah, Cobain Yuk!

Inilah 4 Bahan Alami yang Bisa Memudarkan Flek Hitam di Wajah, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Munculnya flek hitam di wajah sangat mengganggu penampilan Anda sehari-hari. Anda bisa mengatasi masalah flek hitam dengan masker dari bahan alami seperti minyak almond, kunyit, pepaya dan lidah buaya. Namun, tetap perlu menggunakan produk skincare atau berkonsultasi dengan dokter agar hasinya lebih maksimal. 

Bahan alami tersebut dipercaya mampu memudarkan flek hitam dan mengatasi berbagai macam masalah wajah. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu manfaat dan cara mengaplikasikan bahan alami tersebut ke wajah. Melansir dari herworld.co.id, berikut penjelasannya untuk Anda, moms: 

1. Minyak Almond

Bahan alami pertama yang bisa memudarkan flek hitam yaitu minyak almond. Minyak almond adalah pelembab yang bagus untuk membantu mencegah stretch mark dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Minyak almond dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Minyak almond kaya akan kandungan vitamin E, minyak almond diklaim mampu mengurangi dan memudarkan flek hitam di wajah. Cukup mudah mengaplikasikannya, Anda hanya oleskan beberapa tetes minyak almond pada kulit wajah dan biarkan semalaman agar meresap dengan baik. 

2. Kunyit

Bahan alami selanjutnya yang bisa memudarkan flek hitam di wajah adalah kunyit. Kunyit mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi yang bermanfaat untuk membuat wajah cerah dan bercahaya. Selain itu, kunyit juga bisa membantu mengurangi jerawat dan bekasnya, serta memperbaiki jaringan parut.

Tidak memerlukan banyak bahan untuk membuat masker dari kunyit, Anda cukup sediakan satu sendok teh yoghurt dan madu sebagai bahan campuran. Pastikan kunyit yang Anda gunakan sudah dalam wujud bubuk, supaya lebih mudah mencampurkan ketiga bahan sampai berubah menjadi pasta.

Baca Juga: Melindungi Kulit dari Sinar UV, Ketahui 4 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah

3. Pepaya

Buah pepaya juga bisa memudarkan flek hitam di wajah. Pepaya mengandung vitamin A, C, E dan K, dan enzim papain yang memiliki sifat pembersih kulit, yang menjadikannya salah satu bahan kecantikan terbaik untuk digunakan pada kulit Anda.

Pepaya juga membantu mengangkat sel kulit mati, mencegah jerawat, menghilangkan flek hitam, dan membuat kulit Anda cerah alami. Dengan menggunakan masker campuran pepaya halus dan teh hijau, Anda dapat melakukan kegiatan relaksasi ini di rumah secara rutin.

Untuk pembuatan masker sendiri, Anda perlu haluskan setengah potong buah pepaya matang, lalu campurkan dengan dua sendok makan bubuk teh hijau. Setelah tercampur rata, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air mengalir biasa.

4. Lidah buaya

Selanjutnya, bahan alami yang bisa memudarkan flek hitam di wajah yaitu lidah buaya. Lidah buaya memang sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Lidah buaya mengandung senyawa aktif, termasuk vitamin, mineral, gula, enzim, salisilat asam, dan asam amino.

Dapat melembapkan dan membantu mengurangi efek jahat dari paparan sinar UV, Anda bisa mencoba masker lidah buaya yang langsung diolah sendiri tanpa bahan pengawet. Anda bisa membuat masker lidah buaya sendiri di rumah, caranya yaitu ambil daging lidah buaya yang sudah dikeruk dan dihaluskan serta satu sendok madu asli.

Campurkan kedua bahan yang sudah disediakan, lalu aplikasikan ke wajah, kemudian diamkan selama 10 menit. Tidak perlu air hangat, Anda cukup bilas masker campuran ini dengan air mengalir biasa dan keringkan. Mudah dilakukan ya, moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News