HOME, Bugar

Inilah 3 Tanda Bahwa Kulit Ikutan Stres Juga, Sudah Tahu?

Inilah 3 Tanda Bahwa Kulit Ikutan Stres Juga, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Pengaruh stres menjadi masalah cukup serius bagi tubuh salah satunya perubahan yang terjadi pada kulit wajah. Stres dapat memunculkan beberapa masalah baru seperti jerawat, kulit terasa kering dan lingkaran mata yang terlihat jelas.

Jika Anda ingin menghilangkan masalah kulit ini, Anda perlu mengetahui penyebab stres dan cara meredamkan stres Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut tiga tanda-tanda bahwa kulit bisa ikutan stres juga dilansir dari www.base.co.id, yaitu :

1. Muncul jerawat 

Ilustrasi Jerawat

Tanda kulit stres yang pertama adalah munculnya jerawat baru atau jerawat makin bertambah banyak. Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon cortisol berlebih. Hormon tersebut mengakibatkan bagian dari otak, hypothalamus untuk memproduksi hormon bernama corticotrophin-releasing hormon atau CRH.

CRH ini akan menstimulasi produksi minyak di sekitar folikel rambut. Produksi minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori sehingga hal ini mengakibatkan jerawat. Menurut penelitian tahun 2017 memperlihatkan kalau tingkat stres juga bisa mempengaruhi keparahan dari jerawat inflamasi.

Baca Juga: Tidak Perlu Mahal! 5 Cara Membuat Kulit Glowing dengan Bahan Alami

2. Kantung mata mulai terlihat jelas

Ilustrasi kesehatan mata

Selanjutnya, kantung mata yang terlihat jelas juga menjadi tanda kulit ikut mengalami stres juga. Stres dapat mempengaruhi pola tidur seseorang, sehingga menyebabkan Anda harus begadang. Kurangnya waktu tidur dapat mempercepat proses penuaan dini.

Menurut penelitian menyatakan bahwa kurang tidur dapat mempercepat proses penuaan, salah satunya mulai muncul garis-garis halus di sekitar mata dan mulut. Kurangnya elastisitas kulit yang membuat kantung mata terlihat dengan jelas.

3. Kulit terasa kering dan sensitif

Kulit Kering

Tanda-tanda kulit ikut mengalami stres lainnya yaitu kulit Anda terasa kering dan sensitif. Menurut sebuah artikel dari Inflammation & Allergy Drug Targets menemukan koneksi antara fungsi skin barrier tidak bisa berfungsi secara optimal saat kulit sedang mengalami stres.

Sehingga, kulit menjadi sensitif dan mudah kehilangan kelembapannya. Hal tersebut dapat memunculkan kondisi kulit seperti eksim, dan kontak dermatitis lainnya.

Salah satu fungsi dari skin barrier adalah untuk mencegah kelembapan keluar dari lapisan kulit terluar agar kulit dapat berfungsi secara optimal yang menangkal zat-zat yang memiliki potensi mengiritasi kulit. Jika skin barrier tidak bisa berfungsi dengan baik, maka kulit akan kehilangan nutrisi dan kelembapannya. 

Selanjutnya: Ketahui 5 Buah yang Bagus Dikonsumsi untuk Kulit Kering

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News