HOME, Bugar

Inilah 3 Perbedaan Moisturizer dan Pelembab, Sudah Tahu?

Inilah 3 Perbedaan Moisturizer dan Pelembab, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID -Anda pasti berpikir bahwa moisturizer dan pelembab adalah produk skincare yang sama. Hanya berbeda dengan pemakaian bahasa asing saja, walaupun moisturizer dan pelembab memang diformulasikan untuk melembapkan kulit wajah sehingga kulit tidak kering dan kasar.

Namun, ternyata kedua produk skincare tesebut berbeda dari segi bahan kandungan, manfaat dan waktu pemakaiannya. Agar tidak salah lagi, berikut tiga perbedaan moisturizer dan pelembab yang telah dirangkum melansir dari loreal-paris.co.id, yaitu:

1. Perbedaan Bahan Kandungan

  • Moisturizer

Perbedaan moisturizer dan pelembab ada pada bahan kandungannya. Pada moisturizer, biasanya mengandung bahan aktif glycerin, glycerol, berbagai bentuk hyaluronic acid, lidah buaya, madu, lactic acid, urea, dan PCA. Bahan-bahan itu sebenarnya juga terkandung di dalam produk pelembab tapi bukan bahan yang utama.

Bahan-bahan bersifat humektan yang terkandung pada moisturizer dapat menarik molekul-molekul air dari udara untuk menghidrasi permukaan kulit wajah, atau di dalam lapisan kulit, maka molekul-molekul air ini akan ditarik dari dalam tubuh. 

  • Pelembab

Pada pelembab, biasanya mengandung bahan-bahan bersifat emolien yang mengisi celah-celah di lapisan sel-sel kulit dengan membuat lapisan di permukaan kulit yang juga memperbaiki skin barrier. Bahan-bahan emolien tersebut di antaranya adalah lipid, ceramide, asam lemak, minyak, dan butter. 

Selain itu, pelembab juga memiliki bahan-bahan kandungan kosmetik yang membantu mengatasi masalah kulit wajah, seperti niacinamide yang digunakan untuk mencerahkan, Vitamin C dan turunannya yang memudarkan noda hitam, dan retinol yang dapat mengatasi jerawat dan mengatasi kerutan. 

Baca Juga: 5 Manfaat Rebung yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

2. Perbedaan Manfaat

  • Moisturizer

Moisturizer lebih befokus untuk menghidrasi dan melembabkan kulit wajah dengan menahan kandungan air di dalam lapisan kulit. Oleh sebab itu, manfaat moisturizer akan lebih dirasakan oleh pemilik kulit wajah yang sedang dehidrasi karena kulit yang dehidrasi membutuhkan produk yang dapat menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit pada saat yang bersamaan.

  • Pelembab

Pelembab memiliki manfaat menjaga kelembapan kulit yang sudah ada dan membantu mengatasi masalah kulit wajah. Fungsi pelembab wajah sebenarnya mirip dengan skin barrier yang melindungi kulit dari agresor lingkungan dan mencegah kandungan air di dalam lapisan kulit menguap lewat pori-pori. 

Selain itu, pelembab juga dapat mencerahkan, menghilangkan noda, menyamarkan kerutan, mengatasi jerawat, dan lainnya, sehingga kondisi kulit wajah menjadi ideal seperti yang diharapkan. Pelembab memang memiliki lebih banyak manfaat yang bisa anda rasakan.

3. Perbedaan Waktu Pemakaian

  • Moisturizer

Perbedaan waktu pemakaian pada moisturizer, anda dapat memakainya setiap waktu saat kulit wajah terasa kering dan dehidrasi. Tekstur moisturizer memang lebih ringan dibandingkan pelembab, karena itu lebih cepat menyerap ke dalam kulit wajah dan langsung bekerja menghidrasi dan melembabkannya. 

  • Pelembab

Pelembab dipakai pada waktu pagi dan malam hari. Sebab, pelembab pagi biasanya mengandung sunscreen yang dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV dari matahari. Sedangkan, pelembab malam biasanya mengandung bahan aktif yang membantu menutrisi kulit wajah saat sedang melakukan regenerasi ketika tidur malam hari. 

Itulah tiga perbedaan moisturizer dan pelembab, moms. Kini anda sudah tahu perbedaan kandungan, manfaat dan waktu pemakaian dari kedua produk skincare tersebut. Namun, pada dasarnya kedua produk tersebut bisa dipakai secara bersamaan dan saling melengkapi untuk melembapkan kulit wajah anda. 

Selanjutnya: Agar Kulit Bersih dan Sehat, Ikuti 6 Cara Mencuci Muka yang Benar Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News