HOME, Bugar

Inilah 3 Masalah Kulit yang Terjadi Jika Anda Sering Begadang, Hindari Yuk!

Inilah 3 Masalah Kulit yang Terjadi Jika Anda Sering Begadang, Hindari Yuk!

MOMSMONEY.ID - Seberapa sering Anda begadang? Jika tidak memiliki aktivitas penting, ada baiknya Anda segera untuk beristirahat. Seperti yang Anda tahu bahwa begadang memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan, termasuk kulit.

Apalagi jika bedagang yang dilakukan setiap hari, makin memperburuk kondisi fisik dan mental Anda. Pada kulit, tidur adalah solusi yang tepat untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik.

Agar lebih memahami pentingnya tidur, berikut inilah masalah kulit yang akan terjadi jika Anda sering begadang dikutip dari cnfstore.com, yaitu: 

1. Jerawat

Masalah kulit pertama adalah jerawat. Berawal dari inflamasi bisa berbentuk alergi kulit, eksim hingga jerawat. Hal ini terjadi saat tubuh akan memberikan respons peradangan yang lebih kuat ketika kekurangan waktu tidur.

Selain itu, kekurangan waktu tidur juga akan meningkatkan resistensi insulin. Pada saat hal ini berlangsung, maka sel kulit tak bisa beregenerasi, yang artinya sel kulit mati akan menutup pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Batasi 5 Makanan Ini Penyebab Munculnya Jerawat

2. Lingkaran hitam dan mata bengkak

Saat Anda terlalu sering begadang maka akan muncul lingkaran hitam di sekitar mata. Walaupun memang lingkaran hitam memiliki banyak penyebab, tetapi begadang salah satunya. Hal ini terjadi karena pembuluh darah di area bawah mata akan melebar akibat kurangnya waktu untuk beregenerasi.

Pelebaran ini kemudian akan meninggalkan rona yang cenderung kebiruan atau berwarna gelap. Selain itu, area bawah mata juga akan tampak membengkak jika Anda terlalu sering begadang.

Penyebab mata bengkak karena cairan tertahan di area bawah mata, sehingga di pagi harinya pada saat bangun tidur, area tersebut terlihat lebih menggembung dan membuat mata terlihat tidak segar.

3. Penuaan dini 

Masalah kulit yang terjadi saat begadang berikutnya yaitu penuaan dini. Menurut para ahli dermatologi, tidur merupakan salah satu cara untuk awet muda. Hal ini karena proses regenerasi yang bisa memulihkan dan membantu sel saraf untuk membangun jaringan yang kuat terjadi saat tidur dan mencapai tahap REM.

Pentingnya lagi, ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa meskipun hanya kurang tidur 1 kali, akibat begadang bagi wajah akan langsung terlihat di pagi harinya.

Efek tersebut meliputi mata sayu, mata bengkak, lingkaran hitam di bawah mata terlihat lebih gelap, rona kulit menjadi lebih pucat, garis halus dan kerutan di wajah lebih terlihat, serta sisi mulut yang terlihat turun. Sehingga menyebabkan Anda akan terlihat lebih tua.

Tidur dan penuaan dini memang sangat erat kaitannya, ketika tidak cukup tidur maka tubuh akan melepaskan hormon stres kortisol lebih banyak lagi. Peningkatan jumlah kortisol ini akan memecah kolagen yang menjadi unsur utama kulit terasa halus dan kenyal.

Selain itu, hormon pertumbuhan yang bermanfaat untuk meningkatkan massa otot, ketebalan kulit, serta kekuatan tulang juga akan berkurang akibat sering begadang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News