Inilah 3 Kandungan Skincare yang Memicu Kulit Sensitif Akibat Sinar Matahari

Reporter: Rizka Noveliana
Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:46 WIB
Inilah 3 Kandungan Skincare yang Memicu Kulit Sensitif Akibat Sinar Matahari

ILUSTRASI. Inilah 3 Kandungan Skincare yang Memicu Kulit Sensitif Akibat Sinar Matahari


MOMSMONEY.ID - Ada beberapa kandungan skincare yang sebaiknya dihindari digunakan saat siang hari. Hal ini karena kandungan skincare tersebut dapat memicu kulit jadi sensitif akibat paparan sinar matahari. 

Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, photosensitivity adalah suatu respon yang ekstrim terhadap paparan sinar UV dari cahaya matahari. Hal ini menimbulkan gejala seperti terbakar, kesemutan, kemerahan, dan gatal pada kulit. Selain itu, kulit juga bisa premature aging dan iritasi

Agar tidak mengalami photosensitivity, berikut kandungan skincare yang memicu kulit sensitif akibat paparan sinar matahari. Masih bersumber dari blog.avoskinbeauty.com, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Retinol

Pertama, kandungan skincare yang memicu kulit sensitif akibat sinar matahari adalah retinol. Retinol termasuk kandungan skincare favorit banyak orang. Namun, retinol sebaiknya digunakan oleh orang yang disiplin menggunakan sunscreen dan rajin reapply sunscreen setiap hari. Retinol dapat meningkatkan photosensitivity, kalau Anda tidak melindungi kulit dari sinar UV yang mempercepat tanda penuaan akan tidak menunjukkan hasil kulit yang sehat.

Baca Juga: Kenali 4 Vitamin Kulit untuk Menjaga dan Merawat Kecantikan Kulit

2. Vitamin C

Kandungan skincare selanjutnya adalah vitamin C. Vitamin C dikenal dengan manfaatnya untuk mencerahkan kulit. Kandungan ini bekerja dengan mengurangi kadar melanin atau pigmen yang memberi warna pada kulit. Padahal, melanin ini adalah mekanisme alami kulit dalam menangkal efek sinar UV. Vitamin C bisa meningkatkan photosensitivity jika Anda tidak menggunakan sunscreen pada siang hari.

3. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Kandungan skincare yang memicu kulit sensitif akibat sinar matahari lainnya, yaitu AHA. Alpha Hydroxy Acids memang sangat efektif untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit kusa dan menyumbat pori-pori. Namun, penggunaan segala jenis AHA, seperti Glycolic Acid dan Lactic Acid tidak bisa sembarangan karena bisa meningkatkan sensitivitas kulit pada sinar UV.

Sedangkan BHA termasuk kandungan yang dapat menyebabkan photosensitivity. Sementara, beberapa studi menyebutkan bahwa BHA memiliki efek photoprotective. Sehingga, BHA dapat melindungi kulit dari efek sinar UV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER