Inilah 3 Cara Mengatasi Kulit Ruam Selama Kehamilan, Mudah Dilakukan

Reporter: Rizka Noveliana
Kamis, 24 November 2022 | 14:21 WIB
Inilah 3 Cara Mengatasi Kulit Ruam Selama Kehamilan, Mudah Dilakukan

ILUSTRASI. Inilah 3 Cara Mengatasi Kulit Ruam Selama Kehamilan


MOMSMONEY.ID - Terasa tidak nyaman, berikut beberapa cara mengatasi kulit ruam selama kehamilan. Kulit ruam bisa dialami oleh ibu yang sedang hamil. Saat hamil, hormon di dalam tubuh seperti human chorionic gonadatrophin kadarnya akan meningkat. 

Hormon ini dianggap sebagai penyebab hampir 40% ibu hamil mengalami gatal-gatal yang intens di kulit, khususnya area perut, telapak tangan dan kaki, belakang lutut, siku, area bawah payudara, dan selangkangan.

Sebab, HCG membuat kadar minyak dan elastisitas kulit berkurang pada Ibu hamil, sehingga memicu rasa gatal.

Baca Juga: 5 Jenis Natural Oil yang Bermanfaat untuk Membantu Mengatasi Stretch Mark

Namun, masih ada cara untuk mengatasi kulit ruam selama kehamilan ini. Simak penjelasannya di bawah ini dikutip dari johnsonsbaby.co.id, yaitu: 

Hamil muda

1. Batasi frekuensi mandi dengan air hangat

Cara pertama mengatasi kulit ruam selama kehamilan adalah batasi frekuensi mandi dengan air hangat. Saat Anda sedang mengalami gatal-gatal, Anda perlu mengurangi frekuensi mandi dengan air hangat.

Sebab, air hangat dapat mengikis kadar minyak alami kulit lebih cepat daripada air bertemperatur normal, sehingga menyebabkan kulit cenderung makin kering. Terlebih lagi bila durasi mandi Anda terbilang lama, misalnya lebih dari lima belas menit.

Baca Juga: 3 Produk Perawatan Kulit yang Aman untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

2. Gunakan produk perawatan lulit dengan pH rendah

Cara mengatasi kulit ruam selanjutnya adalah gunakan produk perawatan kulit dengan pH rendah. Di samping temperatur air, Anda juga perlu memerhatikan produk yang digunakan saat mandi.

Berhubung kini kulit Anda sedang dalam kondisi kering, alih-alih menggunakan sabun mandi biasa, Anda disarankan memilih sabun bayi yang Anda beli bersama dengan bedak bayi dan perlengkapan lainnya.

Ketimbang sabun biasa, sabun bayi memiliki pH rendah sehingga lebih efektif melembapkan kulit Anda yang kering.

3. Aplikasikan pelembap 

Terakhir, cara mengatasi kulit ruam selama kehamilan adalah aplikasikan pelembab. Sebagai perawatan tambahan, setelah mandi dan mengeringkan kembali tubuh Anda, aplikasikan pelembap pada area kulit yang mengalami ruam.

Dalam hal ini, selain menggunakan minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan baby lotion yang Anda beli berbarengan dengan bedak bayi berkualitas. Saat kelembapan kulit semakin terjaga, rasa gatal pun akan berkurang secara perlahan.

Itulag tiga cara mengatasi kulit ruam selama kehamilan, selalu rawat kulit Anda. 

Selanjutnya: PHK Mulai Marak, BRI Cermati Kredit Sektor Tekstil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER