HOME, Bugar

Inilah 3 Cara Membuat Toner Alami dari Rumah, Cobain Yuk!

Inilah 3 Cara Membuat Toner Alami dari Rumah, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Toner adalah salah satu rangkaian basic skincare yang tidak boleh dilewatkan. Toner membantu menyeimbangkan kembali pH kulit setelah dibersihkan dengan sabun, kemudian membuat kulit terasa segar lebih lama.

Hal ini disebabkan toner membantu meminimalkan dan mengontrol produksi minyak di bawah permukaan kulit. Kini, ada berbagai pilihan toner yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kondisi kulit.

Namun, jika Anda ingin memiliki toner alami maka membuat toner alami dari rumah adalah solusi yang tepat. Melansir dari cleanandclear.co.id, berikut tiga cara membuat toner alami untuk wajah, yaitu: 

1. Toner Teh Hijau

Teh hijau

Toner alami yang bisa Anda buat di rumah, yaitu Teh Hijau. Bahan alami ini sudah lama dipercaya mampu merawat kesehatan kulit wajah. Pada pemilik kulit kombinasi, toner dari teh hijau sangat cocok dipakai sehari-hari.

Hal ini dikarenakan teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat menyeimbangkan produksi minyak pada wajah. Jika Anda tertarik mencoba, beriku cara membuat toner alami dari teh hijau, yaitu: 

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir air.
  • 1 kantong teh hijau.

Cara membuat:

  • Didihkan 1 cangkir air kemudian masukkan 1 kantong teh hijau ke dalamnya selama 3-5 menit.
  • Buang kantong teh dan tunggu hingga suhu teh di cangkir kembali normal.
  • Pindahkan teh ke mangkuk kecil agar lebih mudah digunakan. Selanjutnya, oleskan air teh ke wajah setelah mencuci muka.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

2. Toner Mentimun

Mentimun

Selanjutnya, toner alami yang bisa dibuat dari rumah yaitu Mentimun. Pada kulit berminyak, toner yang berbahan mentimun bisa Anda coba. Mentimun mengandung banyak air yang bisa menghidrasi kulit dan sebagai astrigent alami. 

Astringent adalah zat yang mampu menyegarkan, menyerap kelebihan minyak, sekaligus memperkecil pori-pori kulit. Siapkan bahan-bahannya, seperti 1 buah timun segar yang sudah di parut halus dan 1 sdt air lemon.

Cara membuatnya tidak sulit, yaitu campurkan timun segar dan air lemon, kemudian aduk rata. Bila sudah, Anda bisa mengaplikasikan campuran ini sebagai toner wajah.

3. Toner Cuka Apel

Manfaat cuka apel

Cara membuat toner alami dari rumah terakhir yaitu dengan bahan cuka apel. Pada jenis kulit normal, toner berbahan ceuka apel sangat menarik untuk dibuat dan cocok untuk jenis kulit tersebut. Cuka apel mengandung antioksidan yang membantu mencarik racun dan sisa kotoran keluar dari pori-pori.

Kulit Anda pun tidak lagi tersumbat kotoran sehingga kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga. Jika Anda tertarik mencoba, siapkan dua bahan saja seperti 2 sdm sari cuka apel dan 2 sdm air.

Selanjutnya, campurkan sari cuka apel dan air pada sebuah mangkuk, kemudian aduk rata menggunakan sendok. Toner pun siap digunakan, mudah kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News