Bugar

Iniah 5 Cara Mengatasi Pengaruh Polusi Pada Kulit, Terapkan Yuk!

Iniah 5 Cara Mengatasi Pengaruh Polusi Pada Kulit, Terapkan Yuk!

MOMSMONEY.ID - Paparan polusi dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti keriput, noda hitam dan munculnya garis-garis halus, ini disebut dengan polluaging. Polusi udara dapat mengakibatkan pengaruh buruk ke kesehatan kulit wajah Anda.

Mengatasi hal tersebut, Anda perlu memilih produk skincare anti-polusi dan beberapa aktivitas yang bisa mengatasi pengaruh polusi ke kulit wajah. Masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kulit yang mengganggu ini, berikut cara mengatasi pengaruh polusi pada kulit dilansir dari loreal-paris.co.id, yaitu :

1. Rutin Membersihkan Wajah 

Cara pertama yang Anda lakukan yaitu rutin membersihkan wajah. Sebab, paparan polusi tersebut akan menempel ke permukaan kulit wajah. Anda perlu membersihkan wajah dengan teknik double cleansing. 

Bersihkanlah wajah secara bertahap yang dimulai dengan menggunakan makeup remover atau micellar water, agar seluruh makeup dan kotoran terangkat. Setelah itu, lanjut dengan membersihkan kulit menggunakan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit. 

2. Lakukan Rangkaian Perawatan Skincare

Cara mengatasi pengaruh polusi selanjutnya adalah melakukan rangkaian perawatan skincare. Jangan terlalu pusing dengan rangkaian skincare yang banyak, cukup dengan melakukan basic skincare saja seperti cleanser, toner, moisturizer dan sunscreen.

Basic skincare sudah cukup untuk merawat kulit Anda dari pengaruh polusi udara. Selanjutnya, Anda perlu memilih kandungan skincare anti-polusi, hydrating skin care dan sesuai dengan kebutuhan jenis kulit Anda.

Baca Juga: Inilah Takaran Pemakaian Sunscreen untuk Kulit yang Benar

3. Mencukupi Kebutuhan Air Mineral

Berikutnya, air mineral memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain untuk menghidrasi kulit dan memperbaiki elastisitas kulit, air mineral juga mampu mempercepat pertumbuhan sel kulit dan memperbaiki sirkulasi darah.

Walaupun terdengar klise, tetapi itulah alasan betapa pentingnya mencukupi kebutuhan air mineral. Disarankan untuk mengonsumsi air mineral minimal 8 gelas sehari. Jika hal tersebut dilakukan dengan rutin, kondisi kulit Anda pun akan selalu terlindungi.

4. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi 

Cara mengatasi pengaruh polusi pada kulit tidak hanya dari luar, tetapi dari dalam juga. Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan menangkal pengaruh polusi pada kulit.

Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan dan bisa menyehatkan saluran cerna karena berdampak pada imunitas kulit, misalnya buah plums, pepaya, anggur, dan tomat sebagai natural antioxidant.

Pencernaan yang bagus tentu berpengaruh pada kesehatan kulit, karena tubuh akan mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh.

5. Hindari Merokok

Cara mengatasi pengaruh polusi pada kulit lainnya dengan menghindari merokok. Baik sebagai perokok aktif atau pasif, asap rokok menyebabkan berbagai permasalahan kulit seperti garis halus, kulit kendur, keriput, dan merusak kolagen.

Bila tidak ingin tanda-tanda penuaan dini tersebut muncul di kulit Anda, sebaiknya jauhkan diri Anda dari asap rokok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News