Keluarga

Ini yang bakal Terjadi bila Meninggalkan Baju Basah di Mesin Cuci

Ini yang bakal Terjadi bila Meninggalkan Baju Basah di Mesin Cuci

MOMSMONEY.ID - Apabila meninggalkan baju basah di mesin cuci, hal berikut ini yang akan terjadi.

Saat mencuci di malam hari, Anda cenderung malas untuk segera mengeringkan dan menjemurnya. Biasanya, Anda akan mengeringkan dan menjemurnya di pagi hari. 

Jika Anda pernah mengalami ini, saat Anda membuka mesin cuci di pagi hari, baju akan berbau tak sedap. Semakin lama cucian baju Anda tinggalkan dalam kondisi basah, maka bau semakin tercium. 

Selain bau tak sedap, pernahkah Anda bertanya apa yang sebenarnya akan terjadi apabila meninggalkan baju basah di mesin cuci?

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Anak Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran, Posisi Duduk Harus Tepat

1. Baju akan berbau tak sedap atau apek

Hal pertama yang akan Anda sadari saat meninggalkan baju basah di mesin cuci adalah bau apek yang tak sedap. Bau ini muncul karena udara hangat dan lembap di dalam mesin cuci merupakan tempat yang sempurna untuk bakteri dan jamur tumbuh di baju. 

Bau apek dan tak sedap ini tidak akan hilang begitu saja dengan mengeringkannya. Untuk menghilangkan bau, Anda bisa mencuci ulang baju dengan cuka putih.

2. Serat pada baju akan mudah rusak

Tak hanya berbau tak sedap, ternyata meninggalkan baju basah di mesin cuci akan merusak ketahanan serat pada baju. Meski Anda tak segera menyadarinya, baju Anda akan mudah robek.

Selain itu, kain bisa berubah bentuk dan melar. Apalagi Anda meninggalkannya lebih dari 24 jam. 

3. Warna baju bisa luntur

Setelah meninggalkan baju basah di dalam mesin cuci dalam waktu yang lama, Anda akan menyadari perubahan warna baju.

Detergen dan pelembut pakaian juga akan meninggalkan residu pada baju yang menyebabkan warna luntur bahkan meninggalkan noda yang tidak bisa dibenahi.

Baca Juga: 3 Resep Sambal Favorit Keluarga, Sambal Terasi, Bajak hingga Sambal Dadak

4. Mesin cuci jadi berjamur dan berlumut

Baju Anda bukan satu-satunya yang akan berjamur, mesin cuci juga bisa berjamur dan berlumut jika Anda terlalu lama meninggalkan baju basah di dalamnya. Jamur dan lumut yang ada pada mesin cuci bisa merusak komponen mesin. 

Bila mesin cuci Anda mengeluarkan aroma tak sedap, segera bersihkan mesin cuci. Tambahkan seperempat cangkir soda kue dan seperempat cangkir air ke wadah deterjen mesin dan 2 cangkir cuka putih ke dalam tabung.

Jalankan pengaturan normal dengan panas tinggi untuk pembersihan secara menyeluruh. Jika masih ada noda yang tertinggal, bersihkan dengan spons basah.

5. Anda bisa menarik hama 

Hal yang paling menyebalkan saat Anda meninggalkan baju basah di mesin cuci, hama bisa tertarik untuk datang. Lingkungan yang lembap dan hangat yang diciptakan oleh baju basah jadi tempat yang ideal untuk hama berkembang biak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News