HOME, Keluarga

Ini yang Akan Terjadi Bila Tanaman Kekurangan Sinar Matahari

Ini yang Akan Terjadi Bila Tanaman Kekurangan Sinar Matahari

MOMSMONEY.ID - Dalam pertumbuhannya, tanaman membutuhkan air dan sinar matahari. Hampir semua tanaman membutuhkannya untuk melakukan fotosintesis.

Fotosintesis adalah proses di mana cahaya, klorofil, air, dan karbon dioksida berkumpul menghasilkan energi untuk mereka berkembang dengan baik. Bahkan, hingga berbunga atau berbuah.

Secara alami, sinar matahari menyediakan kebutuhan tanaman dengan keseimbangan yang tepat untuk melakukan proses tersebut.

Namun, setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Dilansir dari SFGate, beberapa membutuhkan sinar matahari penuh, yaitu enam hingga delapan jam setiap hari.

Sementara yang lain membutuhkan sinar matahari parsial, yaitu tiga hingga empat jam sinar matahari langsung. Tanaman yang umumnya membutuhkan lokasi yang teduh juga membutuhkan sinar matahari paling tidak dua jam sehari.

Baca Juga: Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menyiram Tanaman

Namun, ketika tanaman kekurangan sinar matahari, mereka biasanya akan tumbuh lebih cepat dengan meregangkan batangnya untuk mencari cahaya.

Hal ini disebut proses etiolasi yang merupakan mekanisme pertahanan hidup. Sayangnya, kondisi ini buruk bagi tanaman, karena mereka tumbuh dengan keadaan lemah, batang tidak kokoh, daun kecil, dan pucat.

Tanaman juga akan menunjukkan gejala yang lain ketika kekurangan sinar matahari, yakni menguningnya dedaunan baru atau daun tanaman bagian bawah. Warna kuning itu tampak pucat dengan pertumbuhan batang yang tipis dan panjang-panjang.

Tanaman itu akan mengalami gagal bunga yang artinya tanaman berbuah tidak akan menghasilkan buah. Dalam jangka panjang, kondisi tanaman ini akan menurun dan mati karena ketidakmampuannya memproduksi makanan melalui fotosintesis.

Baca Juga: 6 Tanaman Hias Beraroma Harum untuk Pekarangan Rumah

Ini bukan berarti semua tanaman membutuhkan sinar matahari yang penuh, karena ada juga tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari.

Kendati demikian, tanaman yang berlebihan terkena sinar matahari akan menderita. Efeknya sama seperti kelebihan air dan pupuk, yakni tanaman akan layu dan mati.

Maka, Anda perlu mengetahui kebutuhan suatu tanaman sebelum menanam atau merawatnya. 

Selanjutnya: 5 Jenis Jamur Pangan yang Dapat Dibudidayakan dan Bergizi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News