Santai

Ini Waktu untuk Membangun Kecintaan Membaca Pada Anak

Ini Waktu untuk Membangun Kecintaan Membaca Pada Anak

MOMSMONEY.ID - Membaca merupakan salah satu kegiatan yang digemari banyak orang. Meski begitu, masih ada saja orang yang tak terbiasa melakukan kegiatan ini. Meski begitu, rasa cinta untuk membaca ini rupanya bisa dibentuk.

Samantha Elsener, Psikolog Anak menyebut, membangun rasa cinta pada membaca bisa dimulai sejak dari dalam kandungan. Menurutnya, kebiasaan ini bisa dilakukan, baik saat malam hari sebelum tidur atau di pagi hari sebelum beraktivitas. "Ini sudah bisa membuat anak terstimulasi dengan kebiasaan membacanya," ujarnya.

Samantha juga menyebut, membaca menjadi salah satu stimulasi yang penting dilakukan pada anak ketika masih dalam kandungan. Pasalnya, melalui membaca, orang tua menjadi memiliki ide untuk berbicara pada anaknya. Ini penting apalagi bagi orang tua baru yang tidak tahu cara menstimulasi atau berbicara pada anak. Melalui buku anak, orang tua bahkan bisa mendeskripsikan apa dalam buku baik dalam ilustrasi hingga warna.

Baca Juga: Banyak yang Tidak Tahu, Ini Sederet Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Dengan membaca buku, anak pun bisa familiar dengan suara sang ibu. Apalagi, telinga merupakan salah satu indra yang sudah terbentuk sejak dalam kandungan.

Lebih lanjut Samantha menyebut, ketika anak berusia 1-2 tahun pertama, perkembangan bicara dan bahasa yang terjadi pada anak adalah reseptif, yang mana mereka menerima semua stimulasi.

Menurutnya, bayi di bawah 6 bulan belum bisa mengenal warna, sehingga lebih nbaik anak diberikan buku hitam dan putih. Sementara, anak berusia 6-12 bulan sudah bisa diberikan buku berwarna, tetapi tidak terlalu mencolok, atau tidak terlalu lembut. "Di usia 2 tahun pertama, sebetulnya anak hanya tahu warna primer," terangnya.

Seiring dengan pertumbuhan anak, perkembangan bahasa selanjutnya adalah ekspresif di mana anak mulai mengoceh atau mengeluarkan kosa kata yang belum bermakna. Nantinya, anak akan mulai berbicara dengan lancar biasanya di usia 2,5 atau 3 tahun. "Di sini efek buku bisa mempercepat stimulasi bahasa di anak," kata Samantha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News