HOME, Keluarga

Ini Urutan Tahap Perkembangan Anak Kucing Menuju Dewasa

Ini Urutan Tahap Perkembangan Anak Kucing Menuju Dewasa

MOMSMONEY.ID - Induk kucing biasanya akan melahirkan 2-6 anak kucing. Pertumbuhan rata-rata anak kucing sama. Anda perlu mengetahui proses dan tahap perkembangan anak kucing demi menyediakan perawatan yang sesuai untuk anak kucing.

Setelah dilahirkan, ada 4 tahap perkembangan anak kucing menurut usianya. Dilansir dari Jurnalkucing.com, tahap ini dibedakan menjadi masa neonatal, masa menyapih, masa pertumbuhan instensif, dan pertumbuhan berkelanjutan. Simak yuk!

Baca Juga: Cara Merawat Kucing Hamil Untuk Menjaga Kesehatannya dan Calon Anaknya

Masa Neonatal (0-4 minggu)

Normalnya, anak kucing yang baru lahir memiliki berat sekitar 100 – 150 gr pada minggu pertama. Kemudian akan bertambah dua kali lipat dan tiga kali lipat dalam 21 hari. Selama minggu pertama ini, anak kucing tidak dapat buang air kecil serta buang air besar tanpa dirangsang oleh induk mereka. Mereka juga tak dapat mengatur suhu tubuh mereka hingga minggu ketiga.

Oleh karena itu, anak kucing yang lahir di bawah suhu 27 derajat celcius bisa mati karena hipotermia bila tidak dihangatkan oleh induknya. Anda tentu dapat membantu menghangatkan anak kucing ini dengan memberikan tempat tidur yang hangat.

Dilansir dari Wikipedia.org, mata anak kucing akan terbuka ketika berusia 7 sampai 10 hari, tetapi masih buram. Mereka belum dapat melihat jelas sampai berumur sekitar 10 minggu setelah kelahiran. Namun, perkembangan penglihatan ini akan berkembang cepat di usia 4 minggu sampai akhirnya nanti sempurna.

Mengikuti perkembangan mata, di usia 3 minggu, saluran telinga anak kucing akan terbuka sepenuhnya. Di usia ini kucing mulai banyak bergerak dan bermain ringan dengan saudara-saudara mereka. Mereka mungkin dapat berjalan keluar tempat tidur di usia 2-4 minggu, meski masih tertatih-tatih.

Di usia 3-4 minggu ini mereka baru bisa meluruskan kaki dan berjalan lebih baik. Pada usia 3-4 minggu ini, juga akan muncul gigi taring. Letaknya gigi taring susu di sebelah gigi seri dengan bentuk yang panjang dan lancip.  

Menyapih (4-8 minggu)

Mencapai umur 4 minggu, anak kucing mulai disapih oleh induknya dan mulai memakan makanan khusus anak kucing. Proses penyapihan ini akan selesai pada usia 6-8 minggu. Sebagai pemilik, Anda harus memperhatikan kesehatan anak kucing karena kekebalan tubuh mereka melemah. Hal ini dikarenakan antibodi yang berasal dari susu induk kucing berkurang.

Usia 4-6 minggu, anak kucing akan memiliki gigi geraham depan. Dilanjutkan dengan perubahan warna iris mata yang permanen pada usia 6-7 minggu. Proses ini belum tentu terlihat di semua kucing. Ada kucing yang tak mengalami perubahan warna mata sama sekali sampai dewasa.

Memasuki usia 7-8 minggu, anak kucing akan semakin aktif dan mulai melatih pergerakan melompat mereka (berburu). Di usia 8 minggu ini, Anda dapat memberikan vaksin untuk anak kucing demi kesehatannya. Vaksin ini terdari dari Feline Rhinotracheitis Virus (FVR). Vaksin selanjutnya akan diberikan setelah berumur 12 dan 16 minggu.

Baca Juga: Ini Cara Mengetahui Umur Kucing Peliharaan dari Penampilan Fisiknya

Pertumbuhan Intensif (2-4 bulan)

 Di usia 12 minggu dan 16 minggu, kucing dapat divaksin dengan Feline Calicivirus (C) dan Feline Panleukopenia (P).  Anda juga dapat memberikan makanan komersil khusus anak kucing. Berilah sedikit demi sedikit sekitar 4-5 kali hari.

Saat berusia 3 bulan, induk sudah berhenti menyusui sama sekali. Ini dikarenakan air susu si induk sudah mengering. Maka, selain memberikan makanan khusus, Anda juga harus menyediakan air minum yang cukup untuk mereka.

Di usia 4 bulan, fisik anak kucing mulai banyak berkembang, yakni munculnya gigi seri dewasa dan perubahan hormon yang mengubah bentuk suara kucing. Perilaku dominan juga akan muncul pada salah satu kucing jantan.

Pertumbuhan Berkelanjutan (di atas 4 bulan)

Pada usia 4 bulan, gigi anak kucing akan tergantikan dengan gigi dewasa. Gigi dewasa ini akan lengkap pada usia 7 bulan. Selain itu, umumnya, kucing mulai mencapai kematangan seksual di usia 7 bulan. Di usia ini, anak kucing sudah dapat disterilkan atau dikebiri.

Pada 6 bulan pertama, kekebalan dan pertahanan mereka juga mulai sempurna. Akan tetapi, anak kucing tetap membutuhkan nutrisi untuk melindunginya dari jutaan kuman. Bagi kucing jantan, mereka mungkin akan melakukan spraying untuk menunjukkan daerah kekuasaannya.

Pertumbuhan kucing ini akan terus terjadi sampai mereka mendapatkan tubuh dewasa mereka di usia 1 tahun dan umumnya kucing mengalami pertumbuhan maksimal pada usia 2 tahun. Tulang mereka juga akan lebih kuat empat kali daripada sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News