BisnisYuk

Ini Tips Sukses Jalankan Bisnis Sampingan Ala Ninja Xpress

Ini Tips Sukses Jalankan Bisnis Sampingan Ala Ninja Xpress

MOMSMONEY.ID - Menjalankan bisnis sampingan bisa jadi salah satu pilihan untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

Berdasarkan survei Asia Pacific Side Job Survey 2023, tiga dari lima atau 59% responden memiliki pekerjaan sampingan. Ini dilakukan karena beberapa alasan, karena memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, karena lonjakan biaya hidup dan tidak mengandalkan satu sumber penghasilan.

Nah, bila Anda termasuk orang yang menjalankan bisnis sampingan, Ninja Xpress pun membagikan sejumlah tips agar bisnis sampingan Anda berjalan efektif tanpa menganggu pekerjaan utama. Berikut tipsnya:

  • Memilih bisnis sampingan sesuai minat

Supaya berhasil memulai bisnis sampingan, langkah pertama adalah memulai dari hal yang Anda minati.

Misalnya, jika Anda suka menulis, Anda bisa menjadi freelance writer. Atau jika Anda memiliki bakat dalam fotografi, Anda bisa menjadi fotografer pernikahan dan sebagainya.

  • Menentukan komitmen waktu yang jelas

Sejak awal, Anda harus berkomitmen dengan waktu atau menetapkan jumlah jam yang jelas untuk bisnis sampingan Anda. Ini agar Anda bisa membagi fokus dengan baik saat menjalankan bisnis sampingan. Ini juga bisa membantu menjaga agar pekerjaan utama Anda saat ini tidak terganggu.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Tanda Tanaman Hias Terendam Air, Bisa Bikin Busuk

  • Merencanakan bisnis sampingan yang jelas

Meski hanya sampingan, tetapi Anda perlu membuat rencana bisnis agar keberlangsungan dan fokus Anda bisa bertahan. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui arah dan bentuk apa yang akan diambil oleh bisnis Anda di masa mendatang.

  • Menentukan tujuan pendapatan

Meskipun bisnisnya hanya sampingan, menetapkan tujuan pendapatan membantu memberikan arah yang jelas dan fokus pada upaya pengembangan bisnis.

Meski pendapatan yang diperoleh mungkin tidak sebesar pekerjaan utama, memiliki tujuan pendapatan dapat mendorong motivasi dan tanggung jawab untuk mengembangkan bisnis dengan lebih serius.

  • Mengenali persyaratan legal bisnis yang diperlukan

Saat memulai bisnis sampingan,  pastikan pula untuk mempelajari tentang legalitas bisnis. Mengingat Anda sekarang telah menjadi pelaku usaha, penting untuk memahami segala aspek hukum dalam dunia bisnis. Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan dan kerugian di masa depan.

  • Menemukan partner bisnis yang membantu bisnis Anda berjalan lebih cepat

Tak kalah penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki partner bisnis untuk membantu Anda. Salah satunya partner pengiriman barang, yakni yang bisa memberikan real time tracking hingga customer service yang siap membantu segala kendala dalam berbisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News