HOME, Keluarga

Ini Tips Mudah Mendekorasi Ruang Tamu Minimalis Supaya Lapang dan Nyaman

Ini Tips Mudah Mendekorasi Ruang Tamu Minimalis Supaya Lapang dan Nyaman

MOMSMONEY.ID - Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang biasanya dilihat seseorang ketika memasuki suatu rumah. Oleh karena itu, ruang tamu harus didekorasi sebaik mungkin supaya bisa menghadirkan kesan pertama yang baik.

Supaya ruang tamu terlihat elegan, Anda bisa menggunakan gaya interior minimalis yang simpel.

Karena simpel, mungkin Anda berpikir mendekorasi dengan gaya minimalis itu sangat mudah. Memang, tapi mendekorasi ruang tamu dengan gaya minimalis juga perlu kecermatan supaya tampilan akhir ruang tamu terlihat rapi dan menawan.

Nah, kira-kira apa saja yang perlu dilakukan supaya ruang tamu minimalis Anda tampil menawan dan terasa lapang? Dilansir dari IKEA Indonesia dan Pinhome, berikut tipsnya.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Warna Cat yang Bikin Ruang Tamu Lebih Luas

Gunakan warna cat terang

Ruang tamu merupakan ruangan yang relatif kecil di suatu rumah, sehingga Anda perlu membuatnya terkesan lebih lapang dan lega supaya terasa nyaman.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan cat dinding dengan warna-warna yang terang. Anda bisa menggunakan warna favorit untuk ruang tamu, tapi sebaiknya pilih warna-warna yang terkesan netral seperti putih, abu-abu muda, dan krem supaya mudah dikombinasikan dengan warna-warna lainnya.

Gunakan sofa dengan ukuran yang sesuai

Sofa merupakan salah satu perabot atau furnitur utama di ruang tamu. Oleh karena itu, pilihlah sofa dengan desain dan ukuran yang sesuai dengan luas ruang tamu.

Jika ruang tamu Anda tergolong kecil, hindari menggunakan sofa dengan desain dan ukuran yang terlalu besar supaya ruang tamu tidak terlihat makin kecil. Sebaiknya, gunakan sofa dengan desain yang simpel untuk memberikan kesan minimalis pada ruang tamu.

Maksimalkan dekorasi pada dinding

Supaya tidak terkesan sepi, coba maksimalkan area kosong pada dinding ruang tamu dengan beragam hiasan atau dekorasi dinding.

Misalnya, Anda bisa memasang foto atau gambar yang dipigura, rak ambalan untuk memajang dekorasi, cermin besar, jam dinding dengan desain unik, hingga lampu dinding yang keren. Intinya, gunakan dekorasi atau hiasan dinding yang dapat menonjolkan selera dan kepribadian Anda.

Baca Juga: Yuk Cermati, Ini Kriteria Rumah Sehat dari Kementerian PUPR

Gunakan furnitur multifungsi

Ruang tamu yang diisi dengan terlalu banyak furnitur bisa terasa sempit dan sesak, sehingga terasa tidak nyaman. Solusinya, Anda bisa menggunakan furnitur yang bersifat multifungsi dengan desain minimalis untuk menghemat tempat di ruang tamu.

Saat ini, Anda bisa menemukan banyak furnitur multifungsi untuk melengkapi dekorasi rumah. Misalnya, ada rak buku yang dapat digunakan sebagai partisi ruangan atau kursi dan meja yang memiliki tempat penyimpanan di bawahnya. Pilihlah furnitur multifungsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda supaya dapat berfungsi maksimal.

Baca Juga: 6 Cara Memaksimalkan Sinar Matahari Masuk ke Rumah, Mudah dan Bikin Sehat!

Optimalkan pencahayaan

Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting yang dapat membuat ruang tamu terasa lebih lapang dan nyaman. Jadi, pastikan pencahayaan di ruang tamu Anda cukup optimal.

Selain memanfaatkan pencahayaan alami dari jendela, Anda bisa menggunakan beragam jenis lampu di ruang tamu. Jika ingin, gunakan lampu dinding dan lampu meja sekaligus untuk menciptakan pencahayaan yang cantik dan menarik.

Gunakan tanaman hias sebagai penyegar

Jika Anda hobi merawat tanaman hias, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan tanaman hias kesayangan Anda sebagai dekorasi di ruang tamu.

Penggunaan tanaman hias di ruang tamu dapat memberi kesan sejuk dan segar, sehingga membuat nyaman siapa saja yang berada di dalamnya. Jika Anda merasa repot merawat tanaman hias, cukup gunakan tanaman artifisial atau tanaman palsu untuk mendapatkan efek segar dan nyaman yang sama.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam mendekorasi ruang tamu yang minimalis. Selamat mempraktikkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News