Santai

Ini Sosok Iblis Dalam Film The Pope’s Exorcist: Asmodeus

Ini Sosok Iblis Dalam Film The Pope’s Exorcist: Asmodeus

MOMSMONEY.ID - Dalam film The Pope's Exorcist, nama iblis yang muncul dalam ritual pengusiran setan ini adalah Asmodeus. Dalam film dijelaskan Asmodeus adalah salah satu malaikat yang dicampakkan dari surga dan termasuk iblis yang kuat.

Melansir Bible Gateway, sosok iblis bernama Asmodeus ini muncul dalam kitab Tobit. Kitab ini berada dalam kitab Deuterokanonika. Adapun dalam alkitab kristiani, terdapat 3 alkitab yaitu Perjanjian Lama, Deuterokanonika, dan Perjanjian Baru. 

Baca Juga: Pahami 6 Cara Memilih Deodorant yang Benar Agar Kulit Ketiak Sehat!

Dalam kitab Tobit, dijelaskan bahwa Asmodeus adalah iblis yang jatuh cinta pada Sara. Sehingga saat Sara dipinang, setiap pada malam pertama suami Sara akan meninggal. Begitu seterusnya hingga suami ketujuh Sara, anak dari Raguel. 

Sara pada saat itu kemudian dituduh telah membunuh ketujuh suaminya di malam pertama. Dengan adanya tuduhan ini, Sara berniat untuk gantung diri. Namun ia teringat jika ia gantung diri, maka ayahnya juga akan mendapatkan tuduhan. Sehingga Sara memutuskan untuk berdoa dan meminta bantuan kepada Allah. 

Allah mendengarkan doa tersebut dan mengutus Rafael. Saat itu Rafael menyembuhkan kebutaan Tobit dan mempertemukan Tobit dengan Sara yang akhirnya menjadi suami istri dan mampu mematahkan kuasa Asmodeus. 

Melansir Genies Fandom, selain muncul di Kitab Tobit, Asmodeus juga muncul dalam legenda Talmudic salah satunya dalam kisah pembangunan Kuil Salomon. Dalam kepercayaan kristiani, Asmoedeus adalah raja dari 9 neraka dan salah satu dari tujuh pangeran neraka. Asmodeus dikenal sebagai iblis nafsu dan bertanggung jawab memutar hasrat seksual manusia. 

Nama iblis Asmodeus diambil dari bahasa Avestan yaitu aesma-daeva. Aesma berarti murka dan Daeva berarti iblis.

Asmodeus memiliki banyak penyebutan antara lain Asmodaios, Ashmadia, Asmoday, Asmodee, Asmodei, Ashmodai, Asmodeios, Asmodeo, Asmodeu, Asmodeius, Asmodi, Chammaday, Chashmodai, Sidonay, Sydonai, Asimodaim Asmodeusz, Asmodevs dan Modo. 

Dalam kepercayaan Talmudic, Asmodeus tidak seganas penggambaran di Kitab Tobit. Dalam kepercayaan ini, Asmodeus digambarkan sebagai orang yang baik dan humoris. Asmodeus diceritakan pernah ditipu Salomon untuk bekerja sama membangun Kuil Yerusalem. 

Dalam legenda lain, diceritakan Asmodeus melempar Raja Salomon sejauh 400 liga jauhnya dari ibu kota dengan meletakkan satu sayap dan membentangkan sayap lainnya ke langit. Asmodeus kemudian bertukar tempat dengan Salomon. Dalam kepercayaan lainnya, Asmodeus dipercaya menikahi Lilith yang menjadi ratunya. 

Dalam film The Pope’s Exorcist, dikisahkan pastur Gabriel Amort menghadapi Asmodeus yang merasuki seorang anak kecil. Saat itu anak laki-laki ini bersama dengan kakak perempuan dan ibunya tengah berada di sebuah bangunan bekas biara. 

Baca Juga: Promo Cinema XXI Cashback 20% Pakai QRIS Octo Mobile, Berlaku sampai 30 April 2023

Saat merasuki sang anak, Asmodeus digambarkan sebagai iblis yang mudah menipu manusia. Asmodeus dengan mudah mengetahui dosa-dosa manusia yang ada di hadapannya. Asmodeus melakukan hal ini untuk mengelabui manusia supaya tidak tahu apa yang dia rencanakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News