Santai

Ini Segudang Manfaat Sedekah kala Ramadan, Kata Ustadz Maulana

Ini Segudang Manfaat Sedekah kala Ramadan, Kata Ustadz Maulana

MOMSMONEY.ID - Melakukan sedekah saat Ramadan ternyata berdampak baik. Apa saja manfaatnya? Berikut kata Ustadz Maulana.

Ramadan tentu menjadi momen tersendiri bagi umat muslim untuk menambah pahala dengan berbuat kebaikan. 

Platform konten video pendek SnackVideo yang telah meluncurkan kampanye Ramadan #TahunIniPulang menggelar program tausiyah bersama Ustadz Maulana.

Dalam program tausiyah #SnackNgabuburit, Ustadz Maulana membahas bagaimana mendapat pahala berlipat ganda dengan bersedekah.

Baca Juga: SnackVideo Hadirkan Sinetron Terbaru Untuk Liburan

Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya, menurut Ustadz Maulana:

1. Bersedekah dapat pahala berlipat ganda 100.000 kali

Dalam salah satu konten video pendeknya, Ustadz Maulana menjelaskan,sedekah bermanfaat untuk menambah pahala dan kemuliaan dari seorang umat Muslim.

Tak tanggung-tanggung, pahala dan kemuliaan ini akan datang berlipat ganda, lebih banyak dari amalan sedekah di bulan-bulan lainnya.

"Siapa yang bersedekah untuk orang asing, dapat satu pahala. Bersedekah kepada yang dikenal, seperti sahabat dan tetangga, dapat 100 pahala. Kalau bersedekah kepada keluarga, sama dengan 1000 pahala. Bersedekah kepada anak, dapat 10.000 pahala," terang Ustadz Maulana. 

Tak berhenti sampai di situ, ternyata masih ada pahala sedekah yang lebih hebat dan luar biasa lagi.  "100.000 kali lipat pahalanya, jika bersedekah kepada orang tua," tambahnya. 

Baca Juga: SnackVideo Luncurkan Kampanye #TahunIniPulang

2. Sedekah bikin makin dekat dengan Tuhan 

Selanjutnya, tentu sudah bukan rahasia lagi jika bulan suci Ramadan adalah bulan yang mulia, di mana setiap tindakan manusia bisa menjadi amalan baik, tak terkecuali dengan bersedekah. 

Bila sebelumnya dijelaskan bahwa bersedekah bisa mendatangkan pahala hingga berlipat ganda, maka sedekah juga bisa membantu setiap umat Muslim, untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu, sedekah juga menjadi momen di mana seorang Muslim bisa mendekatkan diri kepada sesamanya, yaitu saudara-saudara Muslimnya. 

Baca Juga: Tips Jadi Konten Kreator Sukses Ala Dokter

3. Sedekah mendekatkan diri ke pintu surga

Terakhir, Ustadz Maulana menyebutkan, sedekah juga memiliki keistimewaan dan manfaat yang bisa membawa seorang umat Muslim menuju kehidupan akhirat yang mulia. Yakni, dijauhkan dari api neraka dan didekatkan kepada pintu surga. 

Dalam ceramahnya, Ustadz Maulana mengibaratkan sedekah sebagai tameng atau perisai dari api neraka. Hal ini sejalan dengan salah satu sabda Rasulullah SAW.

Yaitu: "Jauhilah api neraka walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat Thayyibah". (HR Bukhari dan Muslim). 

Selain itu, sebagaimana diketahui, surga menjadi impian atau tujuan akhir dari setiap perbuatan baik umat manusia. Ternyata, salah satu cara mendapatkannya bisa melalui sedekah, sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW berikut: 

“Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, akan dipanggil oleh salah satu pintu surga: Jika dia berasal dari golongan orang yang salat, dia dipanggil dari pintu salat. Jika berasal dari golongan gemar bersedekah, maka akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim). 

Masih banyak lagi pembahasan seputar agama yang dibawakan Ustadz Maulana di #SnackNgabuburit, seperti keutamaan bertaubat, keistimewaan solat subuh berjamaah, dan bagaimana meneladani sikap Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, berbagai progam menarik lainnya seperti Komedi Senin-Kamis (KSK) oleh Komeng dan Adul, SinetronSnack Spesial Ramadan juga hadir untuk mengajak pengguna menyelami kisah-kisah Islami yang menghibur sekaligus inspiratif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News