Bugar

Ini Sederet Manfaat Belimbing Wuluh, Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Ini Sederet Manfaat Belimbing Wuluh, Bisa Menurunkan Darah Tinggi

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui agar bisa merasakan khasiatnya.

Belimbing wuluh merupakan tanaman yang banyak ditemui di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Buah yang memiliki cita rasa sangat asam ini sering dijadikan bahan masakan untuk berbagai makanan, seperti gulai ikan, tongseng, atau garang asam. 

Meski berukuran kecil, manfaat belimbing wuluh ternyata sangat besar untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui dan masukan ke dalam menu harian Anda. 

Tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, buah yang berbentuk lonjong ini juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah hingga mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Selain itu, seperti yang dirangkum dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

Baca Juga: Moms, Kenali 5 Manfaat Vitamin B5 untuk Kesehatan Tubuh Yuk!

1. Mengobati jerawat

Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah bisa mengobati jerawat. 

Jika Anda memiliki jerawat membandel, tidak ada salahnya mencoba manfaat belimbing wuluh yang satu ini. 

Belimbing wuluh memiliki senyawa aktif, seperti flavonoid, tannin, saponin dan triterpenoid.

Kandungan ini terbukti menghambat aktivitas biologis bakteri penyebab jerawat, yakni Acne vulgaris. 

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat belimbing wuluh yang kedua adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Banyak obat tradisional yang dipercaya menurunkan tekanan darah tinggi. 

Klaim ini sudah pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian dan hasilnya belimbing wuluh memang dapat menurunkan tekanan darah dengan cukup signifikan. 

3. Menurunkan risiko terkena penyakit kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa belimbing wuluh bermanfaat untuk mencegah risiko terkena penyakit kanker. 

Hal ini terjadi berkat kandungan antioksidan flavonoid dan saponin di dalam belimbing wuluh yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. 

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat belimbing wuluh yang selanjutnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalam belimbing wuluh berperan sebagai antioksidan. 

Tak hanya itu, vitamin ini juga diketahui dapat merangsang pembentukan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka. 

Baca Juga: Waspadai! Inilah 5 Penyakit yang Sering Menyerang Lansia

5. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler

Manfaat belimbing wuluh yang terakhir bisa mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Belimbing wuluh mengandung aktivitas antioksidan yang cukup kuat. 

Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler dan stroke. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai, terutama jika Anda memiliki kondisi atau gangguan medis tertentu. 

Itulah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui agar bisa merasakan khasiatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News